Jum'at, 03 Februari 2023
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 19 November 2022 | 14:27 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Startup yang dikenal berkecimpung di bidang pendidikan online, Ruangguru, dikabarkan telah melakukan PHK massal terhadap ratusan karyawannya. 

Dilansir dari Suara.com, ratusan karyawan diperkirakan terkena dampak kebijakan ini. 

Tidak diketahui jumlah pasti karyawan yang terkena PHK massal. Namun berdasarkan informasi resmi yang diterima tim media, Ruangguru membenarkan kebenaran kabar PHK tersebut. 

Ruangguru mengatakan dalam keterangan resmi bahwa ratusan karyawan terkena PHK.

"Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara dratis," tulis tim Corporate Communication Ruangguru.

Ruangguru. (instagram/ruangguru)

Ruangguru memastikan, karyawan yang kena dampak PHK akan mendapatkan hak-hak mereka sesuai dengan hukum yang berlaku.

Tak cuma itu, perusahaan tersebut juga akan memberikan dukungan pada para eks karyawan melalui dukungan konsultasi karir, psikologis, dan akses kelas pengembangan karir.

Kabar ini cukup mengejutkan, mengingat bahwa Ruangguru pada 2020 silam sempat memperoleh pendapatan sebesar US$63 juta sepanjang 2020 dengan laba operasional US$1,8 juta.

Melansir dari Crunchbase, pendanaan terkini Ruangguru diberikan oleh sejumlah investor mencapai US$55 juta (Rp 797 miliar) dengan total nilai diperkirakan US$205,1 juta.

Sebelumnya, PHK massal juga dilakukan GoTo dengan total karyawan terdampak mencapai 1.300 karyawan.

Berdasarkan keterangan terkait, manajemen menyebut tekanan ekonomi global sebagai penyebab di balik keputusan ini. Namun, hal ini memperlihatkan ancaman tekanan ekonomi dunia tahun 2023 yang mengarah pada resesi.

 

Suara.com/M Nurhadi

BACA SELANJUTNYA

Cara Daftarkan IMEI via Online, Berlaku untuk HP dan Laptop