Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Minggu, 20 November 2022 | 14:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto jadul dapat memperlihatkan bahwa busana tradisional kerap dikenakan oleh orang-orang yang tinggal di Indonesia pada era lawas. Sebuah foto wanita Eropa berkebaya di Jawa Barat ini sukses menarik perhatian netizen.

Akun fanspage Potret Sejarah Indonesia membagikan foto hitam putih seorang wanita Eropa yang tersenyum ke arah kamera. Foto hitam putih ini merupakan salah satu arsip yang tersimpan di KITLV Leiden atau Leiden University Libraries.

"Potret seorang wanita Eropa berkebaya bersama seekor anjingnya, kemungkinan di Jawa Barat, sekitar tahun 1919," bunyi keterangan pada foto.

Kita bisa melihat terdapat seorang wanita bule dengan rambut pirang yang digelung. Wanita Eropa ini nampak mengenakan kebaya dan jarit batik sebagai bawahan. Ia duduk di kursi bersama seekor anjing di sampingnya.

Mereka berfoto dengan latar perkebunan di bagian belakang. Leiden University Libraries menyimpan puluhan foto mengenai keluarga Eropa yang tinggal di Jawa Barat pada tahun 1910 hingga 1950.

Foto jadul wanita Eropa berkebaya tahun 1919 ini menarik perhatian netizen. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Tak sedikit yang memperlihatkan bahwa mereka juga mengenakan busana tradisional. Foto lain di Leiden University Libraries menampilkan sebuah keluarga Eropa di Bandung, Jawa Barat dengan busana khusus.

Seorang pria tua nampak mengenakan baju lengan panjang sementara wanita di sampingnya memakai kebaya dan jarit batik.

"Potret keluarga Eropa di Prins Hendriklaan Kebon Djamboe Bandoeng, sekitar tahun 1920. Di belakang (Johann Friedrich Carls dengan Louise Maria Dorothea Charls)," bunyi keterangan pada foto jadul di KITLV Leiden.

Tidak hanya wanita dewasa, situs perpustakaan online Leiden University turut menyimpan foto para bocah Eropa yang terekam mengenakan kebaya.

Foto jadul wanita Eropa berkebaya tahun 1919 ini menarik perhatian netizen. (Leiden University Libraries via Facebook Potret Sejarah Indonesia)

Pakaian tradisional sepertinya cukup familiar dikenakan sebagai busana sehari-hari bagi masyarakat lokal hingga mancanegara di Indonesia sebelum tahun 1950.

Postingan foto jadul mengenai wanita Eropa berkebaya pada tahun 1919 ini mendapat beragam komentar dari netizen.

"Keren dan cantik sekali," puji @em**la**ian.

"Kalau dia sudah pakai kebaya, apa mungkin dia menikah sama orang Indonesia atau karena suka sama pakaian tradisional Indonesia ya," komentar Pu**i Y**ia*ti.

Foto jadul keluarga Eropa di Bandung tahun 1920-an. (Leiden University Libraries)

"Dia senang banget dengan budaya Jawa. Jangan-jangan namanya diubah juga menjadi Sutinah van The Kok," celetuk Ab**l Ma**an.

"Gue malah salfok sama ekspresi yang sudah tersenyum. Biasanya orang-orang jadul posenya serius," pendapat Mb** Le**.

"Bule ini tambah cantik pas pakai kebaya," balas Pr**oyo.

Itulah tadi foto jadul wanita Eropa berkebaya tahun 1919 yang menarik perhatian netizen, bagaimana pendapat kalian?

BACA SELANJUTNYA

Viral Foto Rendy Kjaernett Makan Mi Bareng Wanita Misterius, Netizen: Jelas Si Syahnaz