Kamis, 09 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Selasa, 22 November 2022 | 19:40 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Foto Presiden Joko Widodo atau Jokowi sedang ramai jadi pembahasan netizen Indonesia. Pasal ketika mencari dengan kata kunci Monyet Pakai Jas Hujan di Google, netizen mengaku foto Jokowi muncul di jajaran paling atas.

Dikutip tim HiTekno.com dari Suara.com, netizen Indonesia sontak dibuat heboh dengan apa yang mereka temui saat melakukan pencarian Google memakai kata kunci Monyet Pakai Jas Hujan tersebut.

Memang ketika netizen memasukkan kata kunci monyet pakai jas hujan di Google, maka foto paling atas yang muncul adalah Presiden Jokowi yang sedang mengenakan jas hujan hijau dan dipayungi seorang ajudan.

Foto Jokowi mengenakan jas hujan hijau tersebut berasal dari website resmi Sekretariat Kabinet.

Konteksnya adalah Presiden mengenakan jas hujan plastik berwarna hijau pemberian warga saat sedang mengunjungi korban bencana di Desa Harkat Jaya, Kecamatan Sukajaya, Bogor pada 7 Januari 2020.

Tapi masalahnya mengapa foto Jokowi yang muncul paling atas saat netizen Indonesia memasukkan kata kunci monyet pakai jas hujan di pencarian Google?

Presiden Jokowi mengenakan jas hujan plastik hijau pemberian warga saat mengunjungi korban bencana di Bojor, Januari 2020 silam. [Dok Setkab]

Algoritma mesin pencari Google, salah satu sistem utama yang menentukan sebuah konten muncul paling atas di mesin pencari, memang cukup sukar ditebak.

Dengan kata lain, mengapa foto Jokowi yang muncul paling atas dalam pencarian itu tidak bisa menemukan penjelasan yang tepat dan pasti.

Tim HiTekno.com membuka file foto Jokowi berjas hujan hijau pada artikel di website Setkab tersebut. Diketahui nama file foto tersebut adalah "pakai jas hujan presiden" dengan format JPEG.

Kemudian tim HiTekno.com memasukkan beberapa variasi pencarian yang mirip dengan monyet pakai jas hujan di Google.

Misalnya memasukkan kata kunci babi pakai jas hujan, hasilnya pun sama: foto Jokowi masih duduk di antara barisan teratas di mesin pencari Google.

Hasil pencarian dengan frasa babi pakai jas hujan di Google. [Dok Suara.com]

Demikian juga ketika dimasukkan pencarian ayam pakai jas hujan, foto Jokowi dengan jas hujan hijaunya masih masuk daftar hasil pencarian teratas di Google.

Tim HiTekno.com juga memasukkan kata kunci pakai jas hujan, dan hasilnya foto Jokowi dengan jas hujan hijau dari artikel website Setkab duduk di urutan pertama di mesin pencari Google.

Hasil pencarian dengan frasa pakai jas hujan di Google. [Dok Suara.com]

Tampaknya, dari eksperimen kecil di atas, mesin pencari Google mendeteksi kata kunci pakai jas hujan yang dilekatkan dengan artikel dan foto Jokowi dari website Setkab.

Jika kata kunci pakai jas hujan ditambahi dengan kata lain yang aneh seperti monyet atau ayam, maka yang dikeluarkan Google adalah hasil pencarian Jokowi berjas hujan hijau.

Hasil pencarian dengan frasa kucing pakai jas hujan di Google. [Dok Google]

Tetapi jika kata kunci yang dimasukkan lebih masuk akal, seperti kucing pakai jas hujan, maka foto yang muncul benar-benar kucing yang sedang mengenakan jas hujan karena memang banyak foto kucing berjas hujan dan ada pula toko online yang menjual jas hujan khusus untuk kucing.

Begitu juga ketika yang dimasukkan adalah kata kunci jas hujan saja. Google akan menampilkan foto jas hujan yang dijual di sejumlah toko online.

Itulah pembahasan soal kata kunci Monyet Pakai Jas Hujan di Google yang menghebohkan karena muncul foto Jokowi di hasil pencarian Google. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Resmi Menikah dengan Erina Gudono, Kaesang Pangarep Aktif Bikin Deretan Cuitan Kocak Ini