Senin, 06 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Rabu, 23 November 2022 | 19:24 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G Plate menyampaikan kabar terkini soal kasus dugaan kebocoran data PeduliLindungi yang kini tengah dalam penyelidikan.

Disampaikan Menkominfo, kasus dugaan kebocoran data PeduliLindungi ini dalam penelusuran Kementerian Kesehatan, Telkom serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Kabar penelusuran dugaan kebocoran data aplikasi PeduliLindungi ini disampaikan Johnny G Plate dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Menkominfo mengatakan pihaknya sudah meminta klarifikasi ke Kementerian Kesehatan sebagai penyelenggaran sistem elektronik dan wali data PeduliLindungi.

"Dan telah menerima laporan insiden dari Kementerian Kesehatan pada 17 November," terang Johnny G Plate.

Dalam laporan itu disebutkan bahwa Kemenkes telah berkoordinasi dengan Telkom, selaku prosesor data dan BSSN terkait dengan uji forensik digital.

"Jadi prosesnya sedang berjalan," lanjut Menkominfo.

Kasus Kebocoran Data 

Menkominfo Johnny G. Plate ialah menghadiri Rapat Tingkat Menteri bidang Media dan Komunikasi G20 di Grand Hyatt Jakarta. (dok. Kominfo)

Sebelumnya Plate membeberkan bahwa selama November 2022, Kominfo menangani lima laporan kasus dugaan kebocoran data. Kelima laporan itu terkait Lazada, Carousell, Forum Mobile Legends, MyPertamina, dan PeduliLindungi.

Dugaan kebocoran data dari Lazada, Carousell dan Forum Mobile Legends disampaikan langsung oleh tiga perusahaan itu sendiri atau PSE yang mengelola data.

"Kominfo sedang mendalami dalam rangka pemberian rekomendasi terhadap ketiga PSE ini," terang Johnny G Plate.

Sementara insiden dugaan kebocoran data pribadi di aplikasi MyPertamina dan aplikasi PeduliLindungi diketahui dari penjualan data oleh Bjorka di forum online.

Untuk insiden di Lazada, hasil penelusuran internal menemukan kebocoran data akibat kelalaian penjual di platform tersebut.

Sementara di Forum Mobile Legends, hasil penyelidikan internal Montoon selaku pengembang game menemukan adanya kesalahan dari moderator di forum tersebut.

Tapi dalam kasus MyPertamina, Menkominfo mengaku hingga saat ini belum menerima klarifikasi resmi dari Pertamina selaku pengelola data pengguna MyPertamina.

Padahal Johnny G Plate melalui Kominfo telah meminta penjelasan resmi dari perusahaan mengenai insiden tersebut.

Itulah laporan terkini soal kebocoran data PeduliLindungi yang disampaikan Johnny G Plate. (Suara.com/ Liberty Jemadu)

BACA SELANJUTNYA

Website Kominfo Magelang Diretas Hacker, Diubah Jadi Situs Judi Online