Senin, 06 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Kamis, 24 November 2022 | 17:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Harta kekayaan Elon Musk mendadak anjlok drastis hanya dalam waktu sehari saja. Apa yang sebenarnya terjadi pada orang terkaya di dunia saat ini?

Bos Tesla dan SpaceX ini dilaporkan anjlok sampai 8,6 miliar dolar AS atau setara dengan Rp 134 triliun hanya dalam sehari saja.

Turunnya kekayaan Elon Musk ini bukan serta merta gegara menggelontorkan uang dalam pembelian Twitter. Namun ada sebab lain yang mempengaruhi masalah ini.

Ternyata anjloknya kekayaan Elon Musk ini gegara saham Tesla yang turun ke level terendah pada minggu ini. Bahkan jadi penurunan terbesar dalam dua tahun terkhir.

Dikutip dari Gizmodo, Kamis (24/11/2022), tercatat kekayaan Elon Musk secara total turun 100 miliar Dolar AS atau Rp 1.564 triliun selama tahun ini.

Dilaporkna pula kalau kini total kekayaan bersih Elon Musk menjadi 170-182 miliar Dolar AS atau Rp 2.659-2.847 triliun, menurut perkiraan dari Bloomberg dan Forbes.

Tesla Model S. (Tesla)

Elon Musk sendiri memiliki sekitar 15 persen saham di Tesla yang sudah menurun 58,03 persen tahun ini.

Selain itu, dia telah menjual hampir 15,5 miliar saham Tesla untuk membiayai pembelian Twitter beberapa waktu lalu.

Tesla jadi penyumbang terbesar kekayaan Elon Musk. Tetapi perusahaan tengah mengalami penurunan pendapatan akibat Covid-19 di China dan ditariknya 300.000 kendaraan beberapa waktu lalu.

Terlepas dari penurunan harta kekayaannya, Elon Musk masih tetap menjadi orang terkaya di dunia saat ini.

Pemilik baru Twitter ini masih di atas pebisnis asal Prancis, Bernard Arnault, dengan kekayaan 65 miliar dolar AS atau setara Rp 1.016 triliun.

Elon Musk bukan satu-satunya CEO perusahaan teknologi yang kekayaannya anjlok. Sebelumnya ada CEO Meta Mark Zuckerberg, pendiri Amazon Jeff Bezos, pendiri Alphabet (induk perusahaan Google) Larry Page yang mengalami hal serupa.

Meski kekayaan Elon Musk anjlok sebesar itu, ia masih tetap menjadi orang terkaya di dunia saat ini. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Twitter Bakal Dapatkan Fitur Baru, Bookmark Lebih Praktis dan Rekomendasi Cuitan