Sabtu, 04 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Minggu, 27 November 2022 | 13:25 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Google melalui lembaga filantropi milik Google.org, bakal mendonasikan dana Rp 1,5 miliar untuk korban Gempa Cianjur. Bencana alam yang telah terjadi pada Senin (21/11/2022) silam.

Kabar rencana pengiriman dana kepada korban Gempa Cianjur ini disampaikan langsung Google Indonesia melalui keterangan resminya.

"Minggu ini, Jawa Barat diguncang gempa dahsyat yang menelan banyak korban jiwa. Kami turut berduka cita atas musibah yang terjadi," kata Google Indonesia dalam keterangan resminya, Minggu (27/11/2022).

"Untuk mendukung keluarga yang terkena dampak, Google.org akan mendonasikan Rp 1,5 miliar untuk mendukung beragam lembaga yang saat ini melakukan pekerjaan luar biasa dalam keadaan yang sangat sulit ini," sambung perusahaan.

Google Indonesia juga membagikan bagaimana lembaga finaltori tersebut menggalang dana untuk berkontribusi membantu korban Gempa Cianjur.

Selain itu, Google juga akan memulai penggalangan dana internal untuk para karyawannya apabila mau berkontribusi pada penanganan gempa Cianjur.

"Kami pun memulai kampanye penggalangan dana internal jikalau karyawan Google ingin turut berkontribusi pada saat kritis ini," ucap Google Indonesia.

Google Trends "gempa cianjur" [Google Indonesia].

Peningkatan Pencarian soal Gempa Cianjur

Dalam data Google Trends, pencarian kata 'gempa' naik hingga 1.300 persen di seluruh dunia pada 22 November 2022. Pencarian kata tersebut berkaitan dengan Gempa Cianjur yang terjadi beberapa waktu lalu.

Google Trends sendiri adalah alat untuk memahami tren pencarian dengan menunjukkan seberapa sering istilah tertentu dicari relatif terhadap total volume pencarian di situs Google selama periode waktu tertentu.

Perusahaan juga mencatat kalau pencarian kata Gempa berkaitan dengan kota-kota seperti Cianjur, Karang Tengah, Cisarua, dan Sukaluyu dalam sepekan terakhir di Indonesia.

Pencarian kata lain yang juga mengalami peningkatan signifikan dalam beberapa hari terakhir di Indonesia yakni 'Korban gempa Cianjur dan Penyebab gempa Cianjur', 'Apakah ada gempa susulan di Cianjur', 'Info tsunami hari ini', serta 'RSUD Sayang Cianjur alamat'.

Kata 'Open Donasi Gempa Cianjur' pun menjadi pencarian baru yang mengalami peningkatan signifikan pada 22 November 2022 di seluruh dunia.

Itulah rencana Google untuk menyalurkan dana Rp 1,5 miliar kepada korban Gempa Cianjur. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Hadir Tak Resmi, Ini Daftar Spesifikasi Google Pixel di Indonesia