Kamis, 28 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 28 November 2022 | 11:41 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Calvin Kizana resmi diumumkan menjabat sebagai Head of WhatsApp Indonesia, ia juga menjadi yang pertama menempati posisi itu.

Untuk memulai peran barunya sebagai Head of WhatsApp Indonesia, Calvin Kizana akan berkantor di Jakarta mulai hari ini, (28/11/2022).

Dalam rilis resmi yang diterima tim HiTekno.com, penunjukan ini juga memperkuat pentingnya Indonesia bagi WhatsApp.

Calvin Kizana diketahui telah berpengalaman lebih dari 20 tahun sebagai pengusaha, pemimpin, pendiri, dan penasihat di bidang teknologi.

Sebelum bergabung dengan WhatsApp, ia pernah bekerja sebagai COO GoPlay, perusahaan platform live-streaming dari Gojek.

Calvin Kizana juga mendirikan dua startup yang sukses: Playday, sebuah platform live-streaming, dan PicMix, sebuah platform media sosial.

Ia juga secara aktif terlibat dalam kancah startup di Asia Tenggara dan telah menjadi mentor dan penasihat bagi beberapa dari mereka. Selain itu ia pernah dianugerahi digital entrepreneur of the year oleh Ernst and Young pada tahun 2014.

Selama beberapa tahun terakhir, WhatsApp telah melakukan investasi yang signifikan di Indonesia, di bidang kesehatan, literasi digital, pelatihan usaha kecil, dan pembangunan komunitas. Kemitraan literasi digital dengan Kominfo telah menjangkau lebih dari 2,4 juta orang di 34 provinsi.

WhatsApp juga telah bekerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Perdagangan untuk melatih lebih dari 30.000 UKM di Indonesia.

Pesan bisnis adalah bidang investasi utama untuk WhatsApp, dengan 7 dari 10 orang Indonesia mengatakan bahwa mereka lebih suka mengirim pesan ke suatu bisnis daripada melalui telepon atau  email.

Calvin akan fokus untuk lebih memperkuat kemitraan lokal WhatsApp di Indonesia dan memperluas penggunaan WhatsApp Business Platform untuk membantu orang menemukan, mengirim pesan, dan berinteraksi dengan bisnis di dalam aplikasi.

"WhatsApp memiliki komitmen yang kuat untuk Indonesia, dan kami sangat termotivasi oleh dampak positif dari kemitraan kami dengan pemerintah, organisasi masyarakat sipil, dan bisnis. Sebagai pengusaha sukses, Calvin tahu apa yang diperlukan untuk membangun kemitraan yang berarti, yang memberikan nilai nyata bagi masyarakat, dan kami sangat senang Calvin bergabung," kata Victoria Grand, Vice President of Global Affairs & Strategic Markets, WhatsApp. 

"WhatsApp menghubungkan banyak orang di sini — teman, keluarga, dan komunitas, dan kami ingin menghubungkan bisnis dengan mudah. Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk mengerjakan produk yang menyentuh kehidupan banyak orang di seluruh Indonesia, dan saya tidak sabar untuk memulainya," kata Calvin Kizana, Head of WhatsApp Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Dorong Pertumbuhan Bisnis Messaging, ADA Memperkuat Kemitraan Strategis dengan Meta