Jum'at, 03 Februari 2023
Agung Pratnyawan : Senin, 28 November 2022 | 15:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Sempat ramai soal kontroversi adanya wasiat rahasia Soekarno yang disebut-sebut telah diberikan kepada sosok penguasa. Hal ini diungkap oleh Mbah Ismoyo yang mengaku sebagai sahabat Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia.

Dikutip tim HiTekno.com dari Hops.id---jaringan Suara.com, mbah Ismoyo meyakini kalau sampai kini Soekarno masih hidup dan tinggal di salah satu kota di Indonesia.

Menurut laporan tersebut pula, mengungkap kalau mbah Istoyo mengaku adanya surat wasiat rahasia Soekarno yang sudah diberikan kepada salah satu pesohor tanah air.

Apa yang disampaikan Mbah Ismoyo ini terekam dalam wawancara yang terekam dalam video channel YouTube Ngaji Roso.

Pria yang sudah berusia lanjut ini mencerikatan banyak hal soal Soekarno, termasuk bagaimana mereka bertemu secara langsung di masa dulu.

"Pernah bertemu Bung Karno secara langsung, Kung dulu?" tanya reporter dikutip dari kanal YouTube Ngaji Roso pada Sabtu, 26 November 2022.

Mbah Ismoyo pun membenarkan hal tersebut dan selalu siap disebut apa saja oleh Soekarno kala itu.

"Perasaan saya iya, saya itu disebut apa saja siap," jawab Mbah Ismoyo.

Apakah Soekarno Masih Hidup

Salah satu yang mengejutkan dari penyataan mbah Ismoyo dalam video YouTube tersebut, yakni soal rumor dan dugaan yang menyebutkan jika Bapak Proklamator Indonesia tersebut masih hidup.

"Terus seperti Bung Karno itu sekarang masih hidup atau sudah meninggal, Kung?" tanya reporter lagi.

Mbah Ismoyo menduga jika hal tersebut benar terjadi dan kini sosok tersebut tinggal di Lampung yang disebutnya Wono Bambu Seribu.

"Masih hidup mas, ada di Lampung, ada di Wono bambu seribu," jawab pria itu disertai senyum.

Wasiat rahasia

Lebih lanjutnya lagi, mbak Ismoyo juga menjelaskan soal keberadaan surat wasiat rahasia Soekarno yang disebutkan telah diberikan kepada Soeharto.

Tidak diketahui apa isi surat wasiat yang diberikan tersebut, namun menurutnya jika sudah diberikan pada Soeharto ke keraton.

"Dulu menitipkan dokumennya Lak Soeharto ke keraton. Lah ini yang saya puji-puji Bung Karno," jawab Mbah Ismoyo.

Namun soal kebenaran kabar Soekarno masih hidup ini dipercayai oleh segelintir orang. Hal ini masih menjadi misteri hingga sekarang.

Padahal diketahui sebelumnya jika Presiden ke-1 RI ini dikabarkan meninggal pada tahun 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Jakarta.

Sampai sejauh ini masih banyak misteri dan kontroversi terkait Soekarno, presiden pertama dan proklamator kemerdekaan Indonesia. [HOPS.ID]

BACA SELANJUTNYA

Baca Surat Cinta Soekarno ke Ratna Sari Dewi Tahun 1962, Netizen: So Sweet Banget Pak