Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 30 November 2022 | 15:22 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - CEK FAKTA benarkah ada video shalat berjamaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar seperti diklaim sebuah postingan akun Facebook.

Sempat beredar postingan video yang menampilkan momen shalat berjamaah di sebuah stadion sepak bola. Video ini dipostingkan akun Facebook Wiwiek Ajah Dah pada 22 November.

Nampak dalam rekaman tersebut banyak jamaah yang sedang mengikuti shalat berjamaah. Terlihat pula mereka tertata dengan rapi.

"Baru pertama kali ada Shalat berjamaah di dlm Stadion, pada even Piala Dunia, Qatar" tulis akun Facebook Wiwiek Ajah Dah.

Benarkah klaim postingan akun Facebook Wiwiek Ajah Dah soal video shalat berjamaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar tersebut?

Simak penelusuran CEK FAKTA yang dirangkum tim HiTekno.com dari turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com soal klaim postingan video akun Facebook tersebut.

PENJELASAN

CEK FAKTA: Benarkah Video Shalat Berjamaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar. (turnbackhoax.id)

Penurut penelusuran dan CEK FAKTA yang dilakukan turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, diketahui kalau momen shalat berjamaah di stadion tersebut bukan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Diketahui kalau shalat berjamaah dalam video tersebut berlangsung di Stadion Namas di Kazan, Rusia pada 2019 silam.

Sebuah video menampilkan sekelompok orang yang berada di sebuah stadion sepak bola dan sedang mempraktikkan gerakan sholat berjamaah. Dengan narasi bahwa shalat berjamaah itu dilakukan saat Piala Dunia 2022 di Qatar.

Mengutip dari hasil CEK FAKTA kompas.com, video shalat berjamaah di stadion tersebut bukanlah terjadi saat Piala Dunia Qatar 2022.

Tapi video tersebut berada di Stadion Namas di Kazan, Rusia. Hal ini diperkuat dengan beberapa penemuan yang ada di stadion tersebut.

Dalam video yang berdurasi 29 detik itu memperlihatkan tribun penonton bagian bawah tertera tulisan Kazan berwarna putih.

Faktanya video sekelompok orang melaksanakan sholat berjamaah di sebuah stadion, dapat ditemukan di channel Youtube The Message of Islam pada 10 Juni 2019.

Channel YouTube tersebut mengunggah video identik itu memberikan keterangan bahwa shalat berjamaah dilakukan Stadion Namas di Kazan, Rusia.

CEK FAKTA: Benarkah Video Shalat Berjamaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar. (turnbackhoax.id)

KESIMPULAN

Berdasarkan hasil CEK FAKTA, postingan video shalat berjamaah saat Piala Dunia 2022 di Qatar oleh Akun Facebook Wiwiek Ajah Dah tersebut tidaklah benar.

Bukan di Piala Dunia 2022 Qatar, momen shalat berjamaah tersebut terjadi di Kazan, Rusia pada 2019 silam.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Benarkah Luna Maya Bangun Rumah dengan Maxime Bouttier di Bali?