Minggu, 28 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 06 Desember 2022 | 17:35 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Meta membeberkan tiga hal yang kemungkinan besar akan menjadi trending konten di Instagram pada tahun 2023.

Hal ini dijelaskan oleh Revie Sylviana dari Meta, Director of Southeast Asia Creator Partnerships dalam laporan tren 2022 Gen Z Loves di Instagram.

Dilansir dari Hops, tren pertama adalah konten tentang makanan dan pariwisata. Sebagian besar tagar Instagram terkait dengan konten makanan dan perjalanan.

"Konten kuliner dan wisata akan terus menjadi primadona," ujar Revie pada hari ini, Selasa 6 Desember 2022.

Menurut Revie, sekitar 11 juta pengguna Instagram menggunakan tagar #PesonaIndonesia pada tahun itu. Sekitar 37% darinya adalah konten yang dibuat oleh Gen Z.

"Dan 37 persen itu di-drive oleh Gen Z, yang membuat konten dengan hashtag tersebut," sambungnya.

Revie menjelaskan, hashtag yang paling banyak digunakan selanjutnya adalah #Bali, disusul dengan hashtag #kuliner. Tagar #Bali digunakan 20.000 kali lebih banyak dari tahun lalu, dan tagar #Kuliner 6.000 kali lebih banyak dari tahun lalu.

Logo Instagram. (unsplash/NeONBRAND)

Tren yang diperkirakan akan muncul di Instagram pada tahun 2023 adalah konten terkait lagu Indonesia. Di Reels, Gen Z lebih banyak menggunakan lagu dan tarian lokal daripada lagu asing.

"Ini happy banget, kita kan mikirnya Gen Z bakal kebarat-baratan ya, tapi ternyata mereka banyak memakai lagu Indonesia. Jadi, dari studi kita, 1 dari 2 Gen Z itu prefer untuk menggunakan lagu Dunia Tipu Tipu milik Yura Yunita saat membuat konten," ujar Revie.

"Dan 1/3 dari mereka menyukai lagu Ojo Dibandingke oleh Farel Prayoga. Jadi konten-konten seperti itu sangat disukai oleh Gen Z," lanjutnya.

Selain bernyanyi, konten dance juga menjadi salah satu konten kreasi favorit Gen Z tahun ini.

"Lagu Mendung Tanpo Udan itu banyak digunakan oleh Gen Z dalam membuat konten tarian atau dance," paparnya lagi.

Tren ketiga menyangkut metaverse. Revie mengatakan ini karena minat Gen Z yang meningkat pada elemen Web3 seperti avatar, AR, VR, dan NFT.

"65 persen dari Gen Z mengharapkan lebih banyak fitur-fitur AR, VR, NFT dan sebagainya. Akan banyak dihadirkan dari Instagram, dan tentunya kita akan terus bisa bekerja sama seluruh ekosistem untuk membangkitkannya," pungkas Revie.

BACA SELANJUTNYA

Hindari Konten Premier League Bajakan, Kenapa?