Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 10 Desember 2022 | 16:00 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Meta Indonesia menyampaikan kalau sebanyak 65 persen dari Gen Z Indonesia tertarik dengan fitur metaverse atau dunia virtual. Data ini berdasarkan survei Populix.

Menurut paparan Meta Indonesia, para Gen Z ini ingin melihat lebih banyak lagi fitur seperti Avatar, augmented reality (AR), virtual reality (VR), dan non fungible token (NFT) di Instagram.

Angka tersebut diungkapkan oleh Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta Indonesia dan Asia Tenggara, Revie Sylviana.

Ia mengacu pada survei Populix yang dijalankan pada 11-22 November 2022 dan melibatkan 2.000 Gen Z berusia 18-25 tahun dari 22 kota di Indonesia.

"Sebanyak 65 persen dari Gen Z di Indonesia yang disurvei Populix mengaku ingin melihat lebih banyak lagi fitur realitas virtual (VR) di Instagram," kata Revie dalam keterangannya, Kamis (8/12/2022).

Dia mengungkapkan kalau “Kasat Mata” dan “ID Flag” menjadi dua AR Filter yang paling banyak digunakan oleh Gen Z Indonesia, di mana kedua filter ini dibuat oleh kreator Indonesia.

"Gen Z di Indonesia memperlihatkan konten yang otentik dan dipersonalisasi dengan bermain Avatar dan AR Filter," lanjut dia.

Selain metaverse, Revie juga memaparkan tren lain yang akan terus relevan di Instagram sepanjang 2023. Hal kedua yakni soal kuliner dan wisata.

Menurut dia, sebagian besar tagar terpopuler di Instagram berhubungan dengan konten makanan dan traveling.

Meta ID 2022. (ist)

"Tagar #PesonaIndonesia, #Bali, dan #Kuliner menjadi beberapa tagar yang paling banyak digunakan Gen Z di Instagram tahun ini, dan 40 persen dari Gen Z yang disurvei Populix mengaku aktif menggunakan ketiga tagar tersebut," papar dia.

Selain itu, Gen Z juga diprediksi makin banyak menggunakan lagu dan tarian lokal ketimbang lagu asing di platform video pendek Instagram Reels.

Lagu-lagu seperti Dunia Tipu Tipu oleh Yura Yunita, Ojo Dibandingke oleh Farel Prayoga, Full Senyum Sayang oleh Evan Loss, I Love Mama Mantu oleh Bulan Sutena, dan Hati-Hati di Jalan oleh Tulus menjadi lagu terfavorit Gen Z di Reels tahun ini.

"Satu dari dua Gen Z yang disurvei Populix mengatakan pernah menggunakan lagu Dunia Tipu Tipu dari Yura Yunita saat membuat konten dan sepertiga dari mereka menyukai Ojo Dibandingke dari Farel Prayoga," ungkapnya.

Dia lebih lanjut mengatakan, laporan Tren Gen Z pertama dari Instagram ini diharapkan bisa membantu bisnis, kreator, dan industri digital pada umumnya.

"Laporan Tren Gen Z pertama dari Instagram ini diharapkan bisa membantu bisnis, kreator, dan industri digital pada umumnya," jelas Revie.

Itulah paparan Meta Indonesia soal ketertarikan Gen Z di Indonesia soal fitur metaverse. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Putri Ariani Makin Viral, Followers Instagram Simon Cowell Langsung Meningkat Drastis