Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Senin, 12 Desember 2022 | 12:51 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jika mengunjungi mesin pencarian Google pada hari ini (12/12/2022), kita akan menjumpai Google Doodle berdesain unik. Google ternyata menampilkan sosok "Robin Hood" dari Indonesia melalui Google Doodle.

Tulisan "Google" menampilkan dua huruf "O" dengan gambar seseorang di dalamnya. Huruf "O" pertama memperlihatkan sosok pria yang sedang tersenyum.

Sementara huruf "O" kedua menampilkan gambar pria yang sedang menarik anak panah. Sosok pria pada Google Doodle hari ini adalah Donald Djatunas Pandiangan. Atlet tersebut berulang kali menyumbangkan emas bagi Indonesia.

Donald Pandiangan merupakan atlet yang dijuluki sebagai Robin Hood Indonesia. Robin Hood sendiri adalah tokoh dalam cerita rakyat di Inggris.

Karakter Robin Hood sering digambarkan sebagai pahlawan jalanan yang kerap menenteng senjata panah. Mengingat Donald Djatunas Pandiangan sangat pandai dalam menggunakan panah, julukan Robin Hood lantas melekat padanya.

Film 3 Srikandi. (Imdb)

Donald Pandiangan lahir pada 12 Desember 1945. Ia meninggal pada tahun 2008 setelah sempat dirawat di rumah sakit karena menderita stroke. Semasa hidupnya, Donald Pandiangan dikenal sebagai mantan atlet dan pelatih panahan berprestasi.

Saat masih menjadi atlet, Donald Pandiangan menyumbang beberapa medali emas karena berhasil menjuarai SEA Games sebanyak empat kali.

Donald Pandiangan juga mencetak prestasi saat menjadi pelatih. Ia adalah sosok yang melatih Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kusuma Wardhani. Ketiga atlet wanita tersebut dikenal sebagai trio Srikandi Indonesia.

Mereka merebut medali perak pada Olimpiade Seoul 1988. Itu adalah medali perak pertama Indonesia sejak tim Tanah Air mengikuti olimpiade.

Perjuangan Donald Pandiangan dalam melatih trio atlet wanita berprestasi dituangkan dalam film 3 Skrikandi garapan Iman Brotoseno.

Sosok Donald Pandiangan diperankan oleh Reza Rahardian di film 3 Srikandi. Jika mengeklik Google Doodle pada hari ini (12/12/2022), kita bisa mengetahui profil dari sang "Robin Hood" dari Indonesia.

BACA SELANJUTNYA

Bersama Xiaomi 14, Dihadirkan Juga Xiaomi Watch S3, Xiaomi Watch 2, dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia