Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 14 Desember 2022 | 18:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Selama ini TikTok populer dengan format konten portrait atau video vertikal. Namun paling baru mereka diektahui sedang melakukan uji coba format video horizontal.

Seabgai diketahui format video atau konten vertikal yang dipopulerkan TikTok ini banyak disukai, bahkan ditiru paltform video lainnya.

Namun kini TikTok malah merambah dengan melakukan uji coba mode baru dengan konten video horizontal atau landscape ala YouTube.

Dikutip dari Suara.com, uji coba mode baru ini memungkinkan pengguna untuk lebih nyaman menonton video dengan layar penuh dalam mode landscape atau horizontal.

Uji coba mode horizontal ini sudah diluncurkan berbagai pengguna di seluruh dunia. Berdasarkan pantauan HiTekno.com, fitur ini juga mulai tersedia di TikTok versi Android.

Bagi pengguna yang kebagian uji coba, mereka akan melihat tombol ‘Full Screen’ di tengah video. Ketika diklik, maka video bakal ditampilkan jadi mode layar penuh horizontal, bukan lagi vertikal.

Perubahan TikTok

TikTok yang terkenal sebagai platform konten video pendek dengan format vertikal tidak berhenti begitu saja mengembangkan fitur mereka.

Beragam fitur yang sudah menginspirasi platform media sosial lainnya, yakni video vertikal pun ikun diperluas lagi.

Fitur menambah daftar panjang TikTok untuk memperkenalkan fitur baru yang sudah ada di YouTube, seperti dikutip dari Techcrunch, Rabu (14/12/2022).

Awal 2022, TikTok meluncurkan opsi yang memungkinkan pengguna mengunggah video pendek berdurasi 10 menit.

Langkah ini dinilai sebagai cara TikTok untuk menarik kreator video panjang yang biasa mengunggah kontennya di YouTube.

Sekarang, fitur baru TikTok memungkinkan kreator bisa mengunggah video dalam mode horizontal.

Jadi kreator tak perlu lagi menambah cuplikan di awal video seperti ‘rotate your phone’ untuk mengajak pengguna memutar ponselnya jadi horizontal.

Tapi sebagaimana uji coba lain, fitur mode horizontal ini belum bisa dipastikan apakah bakal dirilis lebih luas ke seluruh pengguna. Fitur juga bisa saja berubah dari yang ada saat ini ketika dirilis global.

Kita nantikan saja perubahan apa lagi yang dihadirkan TikTok kepada pengguna. Termasuk mode video horizontal yang memperkaya konten tidak hanya video vertikal saja. (Suara.com/ Dicky Prastya)

BACA SELANJUTNYA

Cara Mengubah Akun TikTok Jadi Privat, Ikuti Metode Ini