Sabtu, 20 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 16 Desember 2022 | 20:38 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Tanpa disadari ada beberapa media sosial yang kerap mencuri data penggunanya. Pelanggaran data telah menjadi bahaya di media sosial, tetapi beberapa situs media sosial lebih buruk dalam menangani data pengguna daripada yang lain.

Di Irlandia saja, Komisi Perlindungan Data menerima pemberitahuan 6.549 pelanggaran data tahun lalu dan mengeluarkan denda €225 juta kepada WhatsApp milik Meta atas berbagai kegagalan kepatuhan, dikutip HiTekno.com dari Business Plus, Jumat (16/12/2022).

Beberapa tahun terakhir juga terlihat pelanggaran profil tinggi yang memengaruhi HSE dan beberapa yang melibatkan Facebook. Penelitian dari Proxyrack juga mengungkapkan tingkat volume pelanggaran dan bobot orang yang terkena dampaknya sejak munculnya media sosial.

Namun tak selalu demikian, pada beberapa kasus, pengambilan data ini sah karena pengguna media sosial tersebut sudah menyatakan setuju saat ada perjanjian alias Terms and Agreement (yang biasanya langsung di-accept pengguna tanpa pikir panjang dan tanpa membaca secara rinci).

Sebagian situs lagi tak 'memungut' data pengguna, namun keamanannya yang rentan membuat akun pengguna mudah dicuri oleh orang tak bertanggung jawab. 

Berikut deretan situs media sosial yang jadi ladang pencurian data pengguna yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Facebook

Facebook telah terjebak dalam total delapan pelanggaran data sejak diluncurkan pada tahun 2004, termasuk skandal Cambridge Analytica yang paling terkenal, yang meskipun secara teknis bukan pelanggaran, melibatkan perusahaan yang menjual data dari sekitar 87 juta pengguna. Selain itu, ada pelanggaran pada 2013, dua lagi pada 2018 dan 2019, yang secara keseluruhan mengungkap data pribadi lebih dari 2 miliar pengguna.

2. Google

Menurut Australian Associated Press, dalam pertarungan hukum dengan pengawas persaingan Australia, Google telah setuju untuk membayar denda sebesar $60 juta. Ini karena raksasa teknologi itu mengumpulkan pengguna yang menyesatkan tentang data lokasi pribadi. Pada bulan April tahun lalu, Pengadilan Federal Australia menemukan bahwa Google telah melanggar undang-undang konsumen dengan menyesatkan beberapa pengguna.

Google membuat pengguna percaya bahwa itu tidak mengumpulkan data pribadi tentang lokasi mereka melalui perangkat seluler yang diberdayakan oleh sistem operasi Android. Namun, itu terus mengumpulkan dan mengakses data lokasi saat riwayat lokasi pengguna disetel ke "non aktif" tetapi aktivitas web dan aplikasi mereka "aktif" dan mereka menggunakan aplikasinya.

3. Instagram

Sekitar 49 juta pengguna platform berbagi foto Instagram milik Facebook terungkap setelah server yang tidak terlindungi bocor secara online pada tahun 2019.

4. TikTok

Agustus tahun ini, sebuah laporan Comparitech dirilis mengenai Data Sosial, sebuah perusahaan pialang data yang menjual data tentang influencer media sosial kepada pemasar. Peneliti Comparitech mampu mengungkap tiga alamat basis data IPv6 yang tidak dilindungi yang masing-masing menyimpan salinan identik dari data yang terbuka. Dari 235 juta profil media sosial, 42.129.799 rekaman dari TikTok.

5. LinkedIn

LinkedIn milik Microsoft mencatat pelanggaran data pertamanya pada tahun 2012, mengklaim sekitar 6,5 juta akun terpengaruh sebelum memperbarui perkiraan angka menjadi 165 juta pada tahun 2016. Nama, tempat kerja, alamat email pribadi, jabatan, dan tautan profil individu dari 66 juta pengguna lainnya dihapus dalam kebocoran tahun 2018, dan perusahaan telah mengalami total empat pelanggaran.

6. Twitter

Twitter, yang diambil alih oleh Elon Musk minggu lalu, menjadi korban serangan peretas Rusia pada 2016, yang mempengaruhi catatan 32 juta pengguna. Dua tahun kemudian, perusahaan mendesak 330 juta pengguna untuk mengubah kata sandi mereka karena kesalahan dalam kode situs yang mengekspos mereka untuk sementara diikuti oleh gangguan serupa yang berskala lebih kecil pada tahun 2020 dan 2022, sehingga total pelanggarannya menjadi empat.

7. Yahoo

Raksasa pencarian Yahoo! mengalami pelanggaran pertama pada tahun 2012 ketika serangan injeksi SQL mengungkapkan nama pengguna dan kata sandi dalam format teks biasa diikuti oleh peretasan yang mempengaruhi miliaran pengguna pada tahun 2013 dan dua lagi pada tahun 2014 dan 2018.

8. MySpace

MySpace telah melewati tiga pelanggaran data, yang pertama pada tahun 2008 tak lama setelah itu telah dilampaui oleh Facebook ketika 360 juta data pengguna dicuri. Informasi tersebut dijual pada tahun 2016 ketika situs tersebut telah menjadi peninggalan era internet sebelumnya, dan ada juga peretasan berukuran serupa pada tahun 2013.

Itulah deretan situs media sosial yang kerap mencuri data penggunanya. Sebenarnya sudah ada perjanjian antara media sosial dan pengguna, namun kerap diabaikan. Jadi pastikan untuk membaca kebijakan media sosial dengan teliti. Karena jika lalai, akibatnya cukup fatal. Untuk memeriksa media sosial tertentu mencuri data atau tidak kamu bisa cek disini: https://tosdr.org/

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Tak Mau Putar Balik Karena Jalan Dicor, Pria Ini Malah Pilih Pikul Motor