Kamis, 22 Februari 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 19 Desember 2022 | 18:53 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - HRIS atau software HR menjadi kendala tersendiri bagi UMKM. Namun kini ada GajiHub yang mencoba menawarkan software HR gratis yang bisa dimanfaatkan oleh UMKM.

Sebagai diketahui, pengelolaan karyawan jadi bagian penting dalam dunia bisnis. Tidak hanya bisnis dalam skala besar, pengelolaan karyawan juga penting dilakukan oleh UMKM.

Sebut saja masalah pengelolaan retensi dan turnover karyawan, penghitungan gaji, pencatatan kehadiran yang realtime, sampai penghitungan pajak penghasilan dan tunjangan karyawan yang mungkin berbeda untuk berbagai bisnis.

Selain memakan waktu, proses pengelolaan HR dan payroll secara manual juga rentan terjadi human error yang bisa saja menyebabkan Anda melanggar undang-undang ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia.

Menurut laporan dari perusahaan akuntansi UHY Hacker Young, kesalahan proses penggajian merugikan perusahaan-perusahaan di dunia lebih dari 700 juta Euro setiap tahun karena kelebihan pembayaran.

Selain implikasi pajak, ada juga biaya tersembunyi dari kelebihan pembayaran yang tidak dilaporkan.

Lalu ada juga survey terbaru oleh HR Magazine yang menyimpulkan bahwa 1 dari 3 profesional HR mempertimbangkan untuk berhenti dari pekerjaan mereka karena menghabiskan terlalu banyak waktu untuk administrasi dan tugas repetitif yang harusnya bisa dikurangi dengan teknologi.

Aplikasi HRIS - GajiHub. (GajiHub)

Menyadari hal tersebut, GajiHub hadir sebagai software payroll dan aplikasi HRIS yang bisa digunakan oleh berbagai jenis dan skala bisnis, mulai dari UMKM sampai perusahaan besar.

Dengan paket software HR gratis GajiHub misalnya, pemilik UMKM bisa menggunakan fitur-fitur yang ada di GajiHub, mulai dari payroll, absensi mobile, HRIS, dan juga dukungan support melalui email.

Dengan fitur absensi mobile misalnya, dengan fitur ini karyawan bisa melakukan pencatatan kehadiran langsung dari smartphone dan terintegrasi langsung dengan sistem payroll karyawan dan manajemen cuti.

"GajiHub ingin semua pelaku usaha bisa merasakan kemudahan pengelolaan karyawan dan sistem payroll yang saling terintegrasi, makanya kami menghadirkan paket gratis ini," ucap Ogi Sigit, founder GajiHub.

Tidak hanya itu, GajiHub juga telah terintegrasi dengan software akuntansi Kledo, dimana pengguna bisa melakukan pengelolaan sistem HR dan pencatatan pembukuan bisnis secara bersamaan.

Ini pastinya akan sangat memudahkan operasional bisnis, karena hanya satu kali input data, pengguna bisa langsung melakukan pengelolan karyawan dan keuangan bersamaan.

Seluruh karyawan juga bisa merasakan kemudahan employee self service seperti pencatatan kehadiran, pengajuan cuti, sampai melihat slip gaji dengan mendownload aplikasi ESS GajiHub di Play Store dan App Store.

Aplikasi HRIS - GajiHub. (GajiHub)

"Harapannya dengan adanya paket gratis ini, UMKM di Indonesia bisa semakin maju dan mampu bersaing di tengah masa pemulihan ekonomi ini," lanjut Ogi Sigit.

Namun perlu diingat, keberadaaan HRIS bukan untuk mengurangi tenaga HR. Melainkan sistem dapat membantu hubungan antar karyawan agar terjalin lebih baik.

Dengan menggunakan HRIS yang memiliki fitur baik dan mudah digunakan juga akan membantu proses kerja seluruh tim HR di perusahaan menjadi lebih cepat dan mudah.

BACA SELANJUTNYA

Niagahoster: UMKM Harus Mengasah Kemampuan Digital Marketing