Kamis, 18 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 02 Januari 2023 | 15:26 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Bagiamana kelanjutan nasib akun Instagram dan Facebook milik Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump setelah lama kena banned?

Dilaporkan Financial Times, Meta akan segera mengumumkan nasib akun Facebook dan Instagram Donald Trump nantinya.

Meta siap mengumumkan nasib Facebook dan Instagram mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, dilaporkan Financial Times.

Donald Trump Kena Blokir Media Sosial

Seperti dilaporkan sebelumnya, Donald Trump kena banned sejumlah platform media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Akun Instagram dan Facebook milik Donald Trump kena blokir dari Meta karena dinilai telah menghasut kekerasan tak lama setelah sekelompok pendukungnya menyerbu gedung Capitol Amerika Serikat pada Januari 2021.

Sebelmua Meta telah menyampaikan kalau pihaknya akan mengumumkan keputusan akan pemblokiran akun milik Donald Trump pada 7 Januari 2023.

Namun, keputusan itu disebut-sebut akan diumumkan pada akhir bulan, menurut seorang sumber yang mengetahui hal tersebut namun tidak disebutkan namanya.

Perusahaan itu pun telah membentuk kelompok kerja untuk fokus pada masalah tersebut, yang mencakup staf dari tim kebijakan dan komunikasi publik serta dari tim kebijakan konten yang diketuai oleh Monika Bickert dan tim keamanan dan integritas yang dipimpin Guy Rosen.

Selain itu, Meta mengatakan akan berkonsultasi dengan para pakar, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Senin (2/1/2023).

"Jika dicabut, akan ada serangkaian sanksi yang ketat jika Trump melakukan pelanggaran lebih lanjut di masa mendatang," kata perusahaan pada Juni lalu.

Meta menolak komentar lebih lanjut tentang proses dalam untuk melakukan keputusan tersebut dan pakar mana yang telah ditemui untuk berkonsultasi.

Namun, beberapa akademisi berpendapat bahwa retorika Donald Trump tetap menjadi risiko bagi keselamatan publik.

Bulan lalu, sebuah studi oleh kelompok advokasi berhaluan kiri Accountable Tech menyatakan bahwa 350 unggahan dari akun Donald Trump di Truth Social akan melanggar aturan kebijakan Facebook.

Akun Twitter Donald Trump Sudah Bebas

Di sisi lain, pemilik baru Twitter yakni Elon Musk baru-baru ini, mencabut larangan permanen untuk Trump setelah melakukan pemungutan suara atau polling kepada para pengguna.

Meski demikian, mantan Presiden Amerika Serikat ini belum membuat unggahan apapun sejak pencabutan larangan tersebut di Twitter.

Kita nantikan keputusan Meta soal nasib akun Instagram dan Faceook milik Donald Trump yang telah kena blokir tersebut. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

5 Hero Mobile Legends Paling OP di Patch Baru, Andalan untuk Push Rank