Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 02 Januari 2023 | 18:12 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari penjelasan apa itu Cloudflare lengkap dengan fungsinya? Kenapa jika Cloudflare sedang down atau bermasalah, banyak orang yang ramai-ramai ribut di internet?

Seperti pada Juni 2022 silam, layanan Cloudflare sempat tumbang dalam beberapa saat. Hal tersebut berdampak pada beberapa layanan ikut terkendala.

Seperti Discord, Valorant dan berbagai situs global populer lainnya ikut terdampak akan gangguan Cloudflare saat itu.

Lalu apa itu Cloudflare sebenarnya? Yuk simak penjelasan beserta fungsinya yang dirangkum Tim HiTekno.com berikut ini. 

Apa Itu Cloudflare?

Cloudflare. (Cloudflare)

Cloudflare adalah perusahaan teknologi asal Amerika Serikat yang menyediakan layanan pembuatan infrastruktur internet berupa server yang berfungsi untuk mengirimkan konten internet ke layar pengguna atau biasa dikenal CDN (Content Delivery Networks).

Selain itu Cloudflare juga menyediakan layanan sistem keamanan untuk situs web agar tidak kena serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS) yang bisa mengakibatkan situs web tidak bisa diakses oleh pengguna.

Sebagai gambaran sederhana, Cloudflare bertindak sebagai penghubung antara pengunjung dan server website. Tujuannya supaya website terhindar dari serangan berbahaya yang dilakukan oleh pengunjung website.

Pada umumnya, pengunjung website dibagi menjadi 3 jenis yang di antaranya:

  1. Visitor, yang diartikan sebagai pengunjung (dalam arti umum).
  2. Robot, yaitu program yang mengunjungi website untuk memindai setiap halaman website sehingga dapat menghabiskan bandwith server.
  3. Attackers, adalah pihak yang ingin melakukan serangan pada website. 

 

Dengan menggunakan layanan Cloudflare, website dijamin aman dari berbagai serangan maupun aktivitas yang dapat merusak performa website. Selain itu, Cloudflare juga melayani semua request ke website dan dapat menawarkan layanan yang lebih berguna bila dibandingkan dengan CDN lain.

Perusahaan besar yang menggunakan server Cloudflare di antaranya seperti platform transaksi kripto BlockFi, marketplace Blibli, Shopify, Chanva dan sebagainya.

Sementara itu ketika server Cloudflare mengalami gangguan,  maka tentu saja akan berpengaruh terhadap layanan yang menggunakan jasanya. 

Seperti kejadian pada Juni 2022 silam, ketika server Cloudflare mengalami gangguan. Berbagai layanan yang memakai jasanya otomatis sulit diakses oleh pengguna.

Fungsi Cloudflare

Cloudflare. (Cloudflare)

Layanan Cloudflare punya beberapa fungsi yang sangat penting. Berikut ini beberapa fungsi Cloudflare:

  1. Mengarahkan visitor pada koneksi yang paling cepat. Dengan adanya layanan Cloudflare, maka visitor dapat diarahkan pada data center terdekat sehingga website dapat diakses dua kali lebih cepat jika dibandingkan tanpa menggunakan Cloudflare.
  2. Mengawasi lalu lintas berbahaya pada website. Layanan Cloudflare dapat menerima permintaan akses dan menganalisa apakah pengunjung tersebut berbahaya atau tidak. Hal itu dapat dilihat dari IP,  resource yang diakses dan seberapa sering melakukan akses tersebut ke situs website. Jika tampak seperti ancaman, maka Cloaudflare akan memblokirnya.
  3. Sebagai cache konten statis. Cloudflare berfungsi sebagai cache konten statis untuk website, misalnya gambar,  CSS, JavaScript dan lain-lain.

Itulah penjelasan apa itu Cloudflare dan fungsinya di internet yang dirangkum tim HiTkeno.com untuk kamu. (Suara.com/ Trias Rohmadoni).

BACA SELANJUTNYA

Sinergi dengan Link Net, XL Targetkan 8 Juta Home Pass