Kamis, 25 April 2024
Amelia Prisilia : Sabtu, 07 Januari 2023 | 19:36 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Demam Lato-lato saat ini sedang begitu mewabah. Baru-baru ini, video yang merekam seorang pengantin wanita yang disambut dengan Lato-lato membuat netizen meninggalkan berbagai komentar kocaknya.

Lato-Lato atau dikenal juga Latto-Latto merupakan permainan tradisional yang saat ini kembali populer dan dimainkan oleh anak-anak kecil di Indonesia. Seorang netizen mengunggah momen anti mainstream ketika pengantin perempuan disambut oleh suara Lato-Lato.

Umumnya ketika menyambut kedatangan pengantin perempuan, pihak penyelenggara akan mengiringinya dengan lagu adat atau tabuhan rebana dan sejenisnya.

Tetapi alih-alih menggunakan alat musik tradisional, warganet merekam penyambutan mempelai perempuan dengan suara khas yang keluar dari permainan Lato-Lato. Video itu sendiri diunggahnya melalui akun TikTok @muhammad07057 pada 5 Januari 2023.

Lato-Lato itu sendiri dimainkan oleh anak-anak setempat yang berbaris rapi di sisi jalan ketika menyambut kedatangan pengantin perempuan dan para tamu undangan.

 

Mereka dengan kompak memainkan Lato-Lato di tangan hingga menimbulkan bunyi cukup nyaring sembari mempersilakan pengantin perempuan berjalan dan memasuki rumah di mana akad akan dilaksanakan.

"Sambut dengan rebana (tanda silang). Sambut dengan Latto-Latto," tulis pemilik akun dalam keterangan pada videonya.

Video yang diambil di Mambi, Sulawesi Barat tersebut saat ini telah dilihat sebanyak lebih dari 1,9 juta penayangan dan disukai sebanyak lebih dari 142.800 kali oleh sesama pengguna TikTok. Banyak warganet lainnya yang berkomentar mengenai rekaman tersebut.

"Satu Lato-Lato aja gua udah pusing, gimana sebanyak ini," tulis akun @fckuyfip.

"Kayaknya itu ratu Lato-Lato, makanya disambut sama muridnya," komentar @green.badut0.

"Beda dari yang lain," tambah @nanas12234.

"Itu diseleksi dulu pasti, cari yang profesional Lato-Lato," ungkap @sinx.ninjasquad.

Hingga artikel ini dibuat, video pengantin perempuan disambut Lato-lato ini lalu sudah ditonton jutaan kali dan menuai ribuan komentar dari netizen.

BACA SELANJUTNYA

Apa Arti Roleplay RP yang Viral di TikTok?