Sabtu, 20 April 2024
Amelia Prisilia : Selasa, 10 Januari 2023 | 16:56 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Walaupun memiliki ancaman pencurian data, penggunaan WiFi di ruang publik tetap saja dilakukan. Hal ini tidak lain karena pentingnya koneksi internet di era teknologi yang semakin maju ini. Agar terhindar dari pencurian data, berikut tips aman pakai WiFi publik.

Ketika terhubung ke WiFi publik, pengguna bisa menghadapi kemungkinan pencurian data. Hal ini tidak terelakkan karena pengguna internet mentransfer begitu banyak informasi penting. Berbagai resiko berbahaya kerap kali terjadi dalam proses ini.

Untuk tetap aman menggunakan WiFi publik, ada beberapa tips aman untuk digunakan seperti dikutip dari akun divisihumaspolri pada Selasa (10/1/2023).

Tips aman pakai WiFi publik

  1. Hindari menyambungkan wifi secara manual
  2. Hindari mengakses informasi sensitif
  3. Perhatikan nama jaringan wifi
  4. Perhatikan HTTPS
  5. Gunakan keamanan tambahan dan enkripsi kata sandi
  6. Aktifkan firewall dan antivirus

Sebagai tambahan, ada baiknya perhatikan keadaan sekitar saat akan menggunakan WiFi publik. Pastikan tidak ada orang yang melihat ketika login ke Operating System, email, pesan instan, atau akun lainnya.

Selain itu, usahakan menjaga kontak dengan orang-orang sekitar dan pastikan tidak ada orang yang memperhatikan secara fokus untuk jangka waktu yang lama. Tidak bisa diremehkan begitu saja, itu tadi tips aman pakai WiFi publik yang perlu untuk diketahui.

BACA SELANJUTNYA

5 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di Rumah, Terbaru 2023