Rabu, 24 April 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 12 Januari 2023 | 13:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - TikTok makin rajin mencoba hal baru dalam platform mereka. Paling baru TikTok tengah uji coba format video landscape bukar vertikal atau portrait seperti biasanya.

Selama ini TikTok dikenal sebagai platform yang membuat format video vertikal makin populer dibanding video landscape.

Dengan uji coba format video tersebut, diduga TikTok ingin mengembangkan platformnya untuk menjadi pesaing YouTube dalam urusan video internet.

Melansir Metro, Kamis (12/1/2023), TikTok akan memberikan pengguna pilihan opsi untuk memilih mode landscape pada layar, ketika diklik maka TiTok akan membawa mereka ke mode landscape.

Jika pengguna sudah masuk ke video landscape, maka mereka diharuskan untuk memutar perangkat mereka secara horizontal.

Tentu saja, YouTube juga melakukan yang terbaik untuk bersaing dengan TikTok. Platform milik Google itu mengumumkan bahwa kreator dapat mulai memperoleh pendapatan dari Shorts, ini adalah tiruan TikTok.

YouTube bahkan telah mengumumkan akan mulai membagi hasil iklan dari Shorts mulai 1 Februari 2023.

Seperti dilansir dari Engadget, para kreator Shorts akan diberi waktu sampai 10 Juli 2023 untuk menyepakati syarat serta ketentuan dari Program Kemitraan (Partner Program) terbaru Youtube.

Di dalamnya Youtube antara lain memperkenalkan tentang Modul Monetisasi, yang diklaim memberikan keleluasaan lebih bagi kreator konten untuk mengembangkan cara meraih cuan dari Shorts.

Sayangnya hingga saat ini TikTok juga belum memberikan infromasi kapan format video landscape  akan benar-benar dihadirkan.

Masih dalam percobaan, kita nantikan saja sampai TikTok resmi meluncurkan format video landscape nantinya. Apakah bisa jadi pesaing YouTube nantinya? (Suara.com/ Manuel Jeghesta Nainggolan)

BACA SELANJUTNYA

Siapa YouTuber Indonesia dengan Penghasilan Tertinggi 2023, Bukan Raffi Ahmad