Selasa, 23 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 13 Januari 2023 | 10:45 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Laporan terbaru mengklaim akan adanya fitur koin atau layanan khusus yang dihadirkan Twitter. Koin tersebut dimaksudkan untuk membantu konten kreator mendapatkan uang dari Twitter.

Seperti dikutip dari Suara.com, Twitter di bawah kepemimpinan Elon Musk memang sedang mengerjakan berbagai skema baru untuk menghasilkan uang.

Seperti paling baru, dilaporkan kalau Twitter sedang bereksperimen dengan mata uang dalam aplikasi yang disebut "koin". Diduga untuk membantu konten kreator mendapatkan uang dari platform tersebut.

Hal ini disampaikan dari tangkapan layar yang dibagikan oleh dua peneliti aplikasi, sebagaimana dilansir dari Engadget, Jumat (13/1/2023).

Fitur tersebut telah terlihat dalam beberapa hari terakhir oleh Jane Manchun Wong dan Nima Owji, peneliti aplikasi yang sering menerbitkan gambar fitur yang belum dirilis.

Menurut posting mereka, koin tampaknya merupakan perpanjangan dari fitur tip Twitter yang ada.

"Koin memungkinkan Anda untuk mendukung pembuat konten yang menge-Tweet konten hebat," membaca tangkapan layar yang dibagikan oleh Wong dan Owji.

Gambar yang dibagikan oleh Owji pada Desember menunjukkan tab "Koin" baru di bagian yang sama tempat pengguna dapat melacak tip mereka.

Untuk saat ini, tidak jelas apa rencana Twitter untuk koin atau kapan fitur tersebut dapat diluncurkan.

Perusahaan, yang tidak lagi mempekerjakan staf komunikasi, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tapi tangkapan layar menunjukkan Twitter setidaknya mempertimbangkan untuk menampilkan koin di aplikasinya karena Wong dan Owji melihatnya di sidebar utama.

Tapi koin mungkin bukan hanya untuk memberi tip. Wong juga melihat fitur "Penghargaan", yang memungkinkan orang menggunakan koin untuk membeli hadiah dalam aplikasi untuk orang lain.

Menurut gambar yang dibagikan oleh Wong, pengguna dapat membeli hadiah hanya dengan satu koin (disebut "Mind Blown") atau sebanyak 5.000 (disebut "Emas").

Tidak jelas berapa harga koin, meskipun Twitter mungkin akan mendapatkan potongan pendapatan yang dihasilkan dari pembelian koin.

Sejauh ini, Elon Musk tampaknya tidak secara terbuka mempertimbangkan koin atau penghargaan, tetapi dia telah berbicara secara luas tentang menginginkan lebih banyak cara bagi pencipta untuk diberi penghargaan.

Dia mengatakan bahwa pendapatan Twitter Blue berpotensi "memberi Twitter aliran pendapatan untuk memberi penghargaan kepada pembuat konten" dan bahwa "monetisasi pembuat konten untuk semua bentuk konten" juga sedang dikerjakan.

Perlu juga dicatat bahwa terlepas dari moniker "koin", fitur tersebut tampaknya tidak memiliki ikatan cryptocurrency, setidaknya untuk saat ini.

"Twitter Coin masih dalam pengembangan dan kami bahkan tidak memiliki bukti bahwa itu terkait dengan crypto," kata Owji.

Sampai sejauh ini belum ada informasi resmi dari Twitter soal fitur koin untuk membantu konten kreator menghasilkan uang tersebut. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Twitter akan Sediakan Fitur Pembayaran, Mau Jadi E-Commerce?