Jum'at, 26 April 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 18 Januari 2023 | 13:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jagat TikTok digegerkan dengan aksi beberapa orang yang nekat melakukan hal-hal tertentu saat live untuk mendapat koin yang bisa ditukar dengan uang. Dikutip dari Yoursay.id, berikut 5 cara dapat uang dari media sosial yang bisa dicoba agar menjadi lebih produktif.

Berkembangnya teknologi dan media sosial rupanya memberi dampak yang beragam bagi manusia, termasuk untuk mendapat pundi-pundi rupiah. Namun, contoh tadi memperlihatkan bahwa terkadang seseorang masih salah dalam memanfaatkannya.

Ada banyak cara mendapatkan uang di media sosial yang baik dan benar yang bisa dilakukan tanpa perlu melakukan berbagai hal tidak biasa di live TikTok. Berikut ini 5 cara dapat uang dari media sosial yang bisa dicoba dengan mudah.

1. Berdagang

Tidak sedikit orang yang memanfaatkan media sosial untuk berdagang, entah usaha makanan, pakaian, perabotan rumah, dll. Mereka memanfaatkan media sosial karena banyak orang yang mengakses sehingga promosi lebih efektif, selain itu juga bisa mengurangi biaya untuk promosi.

2. Afiliasi

Salah satu cara yang sedang populer sekarang adalah ikut program afiliasi. Afiliasi ini seperti mempromosikan barang dagangan orang dengan cara membagikan tautan yang mengarah ke e-commerce. Jika seseorang mengklik dan melakukan pembelian lewat tautan yang kamu bagikan, itu bisa menghasilkan rupiah untuk kamu. Semakin banyak yang klik dan beli, semakin banyak pula uang yang kamu dapat.

3. Creator Fund

Media sosial seperti TikTok, memiliki program bernama TikTok Creator Fund yang memungkinkan kreator dengan jumlah pengikut dan penonton yang banyak untuk mendapat penghasilan. Kalau mau pakai cara ini, kamu harus bisa membuat konten yang kreatif agar orang lain tertarik mengikuti dan menonton karyamu. Tentu saja kamu harus membuat konten-konten yang positif ya.

4. Endorsement

Hampir sama seperti afiliasi, bedanya endorsement ini lebih ke promosi produk saja. Jadi kamu akan diberi produk untuk direview dan dipromosikan, sekaligus mendapat bayaran untuk pekerjaan tersebut. Endorsement dimungkinkan untuk kamu yang sudah punya pengikut dan penonton yang banyak di media sosial.

5. Memasarkan Jasa

Kamu punya keahlian dalam copywriting atau desain dan tertarik untuk membuka layanan jasa berbayar? Untuk memasarkannya, kamu bisa memanfaatkan media sosial seperti mengunggah tulisan atau hasil desainmu. Jadikan media sosial sebagai portofolio yang bagus yang bisa meyakinkan klien.

Itulah 5 cara dapat uang dari media sosial agar lebih produktif. Proses ini memang tidak mudah dijalani dan hasilnya pun tidak praktis. Namun jika tekun, hasil yang baik tentu akan didapat.

BACA SELANJUTNYA

Deretan Konten TikTok Berisi Kritik ke Pemerintah yang Berujung Jadi Perkara, Ngeri-Ngeri Sedap