Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 30 Januari 2023 | 12:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cari tahu bagaimana cara pakai ChatGPT yang bikin penasaran ini? Kehadiran ChatGPT sedang jadi sorotan, terlebih disebut-sebut sebagai kecerdasan buatan atau teknologi AI yang sangat cerdas.

Kehadiran ChatGPT juga dinilai akan membawa perubahan yang sangat masif. Terlebih teknologi AI yang tersedia di OpenAI ini diklaim bisa menjawab semua pertanyaan yang dilontarkan pengguna.

Tapi bagaimana cara pakai ChatGPT ini? Yang pasti kamu harus punya akun OpenAI dulu untuk mengakses teknologi AI tersebut.

 Cara Pakai ChatGPT

Untuk menggunakan ChatGPT ini sendiri, cara yang dapat kamu lakukan cukup mudah. Berikut ini cara pakai ChatGPT lengkap langkahnya:

  1. Buka situs resmi ChatGPT di https://chat.openai.com/auth/login  
  2. Kemudian pilih opsi Sign Up untuk membuat akun baru, atau Log In jika kamu sudah memiliki akun
  3. Masukkan alamat email dan nomor telepon di kolom yang telah disediakan
  4. Lakukan verifikasi nomor telepon, lanjutkan dengan pembuatan akun
  5. Setelah memiliki akun OpenAI, kamu dapat mengakses layanan ChatGPT
  6. Ketik pesan atau pertanyaan yang ingin ditanyakan lewat kotak teks yang ada di bagian bawah, kemudian klik tombol Send atau Enter
  7. Dalam waktu singkat Bot dari ChatGPT akan memproses pertanyaan tersebut dan memberikan jawabannya di layar secara real time.

Jika dilihat sekilas, apa yang disajikan oleh ChatGPT ini serupa dengan apa yang disajikan Google. Sebagai mesin peramban, Google juga menyediakan jawaban atas segala pertanyaan yang dimasukkan. Namun ChatGPT dinilai lebih unggul dalam menyediakan referensi bacaan atau jurnal, sehingga banyak dijadikan rujukan oleh masyarakat modern.

ChatGPT Tersedia di OpenAI

OpenAI sendiri adalah startup besutan Elon Musk, yang menjadi dalang dibalik adanya ChatGPT ini. Termasuk menjadi platform tempat ChatGPT bisa diakses saat ini.

Nantinya, ChatGPT akan memiliki referensi teks yang sangat luas, dan dapat mengidentifikasi apa yang ingin didapatkan oleh user-nya saat bertanya di sana.

Keterbatasan ChatGPT

Meski dinilai sangat handal dalam memberikan referensi dan jawaban atas berbagai pertanyaan, ternyata ChatGPT juga memiliki keterbatasan. Dilansir dari Suara.com, layanan yang diberikannya hanya memiliki pengetahuan hingga tahun 2021 saja.

Artinya jurnal, penelitian, referensi, dan sumber lain yang muncul setelah 2021 belum terindeks dalam ChatGPT, dan bisa saja memberikan jawaban yang kurang relevan terkait pertanyaan yang diberikan. Terlebih untuk bidang yang penelitiannya berlangsung sangat cepat, yang update-nya bisa terjadi dalam tempo waktu singkat.

Tidak sedikit orang yang menggunakan fitur dari ChatGPT ini untuk membantu pekerjaannya. Mulai dari content writer, copy writer, penulis, dan lain sebagainya. Acuan referensi yang diberikan dinilai cukup relevan, dan masih bisa diandalkan untuk beberapa waktu kedepan.

Itu tadi sekilas mengenai cara pakai ChatGPT yang bisa diberikan pada kamu. Semoga menjadi artikel yang bermanfaat, dan selamat melanjutkan aktivitas kamu berikutnya.

Itulah bagaimana cara pakai ChatGPT yang bisa menjawab berbagai macam pertanyaan kamu. Langsung akses melalui OpenAI untuk menggunakan teknologi AI tersebut. (Suara.com/ I Made Rendika Ardian)

BACA SELANJUTNYA

Infinix Siapkan Smartphone Pertama dengan Asisten Suara Berbasis ChatGPT