Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Rabu, 01 Februari 2023 | 15:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Zoho Corporation meluncurkan versi terbaru Bigin, sebuah teknologi solusi CRM untuk bisnis skala kecil atau UKM. Seperti apa solusi yang ditawarkan? Bagi bisnis kecil, Bigin menawarkan solusi CRM sederhana namun kuat tanpa kendala pemakaian dan biaya.

Pembaruan produk saat ini semakin mendukung usaha kecil dan mikro (UKM) dengan menghadirkan alat dan informasi yang dibutuhkan pengguna dalam menjaga dan menumbuhkan hubungan yang bermakna dan bernilai tinggi dengan pelanggan di situasi ekonomi yang menantang.  

Sejak diluncurkan pada tahun 2020, Bigin menonjol sebagai solusi CRM yang tangguh, mudah digunakan, serta ramah pengguna, berkat janji set up dalam 30 menitnya.

Zoho mengamati bahwa sekitar 65% pelanggan Bigin belum pernah menggunakan solusi CRM sebelumnya. Ini menjadikan Bigin pilihan ideal bagi pemilik bisnis yang ingin beralih dari spreadsheet. Saat bisnis menguasai Bigin, Zoho juga menawarkan mereka kemudahan migrasi ke solusi CRM Zoho yang lengkap.

Bigin saat ini membanggakan pencapaian jumlah pelanggannya yang menyentuh angka 20 ribu dan terus membantu UKM mengelola semua operasi yang berhadapan langsung dengan pelanggan dalam sebuah platform terpadu.  

Versi terbaru Bigin meliputi pengenalan Team Pipelines, yang memungkinkan tim yang berhubungan langsung dengan pelanggan untuk mengelola operasi khusus mereka menggunakan satu set pipeline (saluran) dan sub pipeline yang berbeda dalam satu akun Bigin.

Penawaran kompetitif dari yang lain sering kali hanya melayani satu fungsi seperti penjualan, sementara Bigin menawarkan solusi yang efisien bagi semua tim yang berhubungan langsung dengan pelanggan.

Fitur-fitur baru ini menghimpun operasi pelanggan dalam satu tempat, dan memungkinkan penyelarasan dan kolaborasi yang lebih erat antar individu dan tim tanpa mengorbankan kesederhanaan yang membuat Bigin lebih menonjol.  

"Bisnis kecil menghadapi tantangan dalam memilih teknologi yang tepat untuk mengelola operasi yang berhubungan dengan pelanggan akibat kendala terkait waktu, biaya, dan implementasi perangkat lunak," ujar Gibu Mathew, VP dan GM Zoho Asia-Pasifik. 

"Bigin merupakan satu-satunya solusi yang menyatukan operasional pelanggan seperti penjualan, orientasi, pengiriman, pelatihan, dukungan advokasi, dan banyak lagi dalam satu antarmuka yang intuitif, yang hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk siap digunakan. Dengan menyatukan semua aspek operasi pelanggan ke dalam satu tampilan, Bigin memungkinkan bisnis kecil memiliki pemahaman terkait perjalanan pelanggan dengan lebih akurat. Wawasan ini membantu mereka menarik dan mempertahankan pelanggan, yang pada akhirnya akan mengembangkan bisnis tersebut. Adopsi Bigin yang berkembang pesat menunjukkan meningkatnya selera bisnis kecil yang menginginkan dan membutuhkan teknologi CRM sesuai dengan kebutuhan khusus mereka, sehingga dapat membantu mereka berpindah dari spreadsheet yang konvensional." lanjutnya.

Pembaruan Produk Utama

  • Team Pipelines: Fitur tambahan yang paling signifikan pada Bigin, Team Pipelines, menyatukan berbagai operasi pelanggan ke dalam satu tampilan 360 derajat. Bisnis dapat menghubungkan proses operasi pelanggan yang pokok seperti manajemen transaksi, orientasi, pengiriman, pelatihan, manajemen tiket, permintaan pengembalian dana, testimoni pelanggan, dan lain sebagainya. Dengan demikian, fitur ini dapat memastikan usaha kecil mengelola proses harian mereka dengan lebih mudah. Bisnis saat ini dapat memanfaatkan teknologi CRM lengkap yang bekerja melebihi manajemen penjualan serta menawarkan satu sumber kebenaran dalam menganalisis data pelanggan.    
  • Connected Pipeline: Bersamaan dengan Team Pipelines, Bigin juga memperkenalkan satu cara baru untuk menghubungkan data pelanggan di berbagai proses. Dengan Connected Pipelines, bisnis dapat mengotomatiskan pergerakan data pelanggan di sepanjang saluran yang berbeda, memungkinkan mereka menghadirkan pengalaman pelanggan end-to-end yang mulus. Misalnya, setelah kesepakatan didapatkan, tim penjualan bisa mengotomatiskan pembuatan rekaman yang terhubung di saluran orientasi pelanggan. Dengan cara ini, bisnis dapat menghemat waktu saat memasukkan informasi pelanggan yang berulang dan memiliki banyak waktu untuk fokus pada percakapan pelanggan yang aktual.  
  • Toppings: Fungsionalitas tambahan dan integrasi pihak ketiga dapat ditambahkan sesuai permintaan guna memenuhi kebutuhan bisnis yang melampaui penawaran standar. Misalnya, topping 'Email-In' memastikan email yang dikirim ke alias email yang berbeda dalam suatu organisasi secara otomatis dipetakan ke catatan pelanggan yang relevan di setiap saluran. Demikian pula, topping 'File Cabinet' mengotomatiskan proses pengumpulan file di mana pengguna dapat mengelola semua dokumen mereka melalui tautan yang unik dan aman. 
  • Kapabilitas Selular: Menanggapi peningkatan adopsi aplikasi seluler Bigin, Zoho memastikan semua fitur baru tersedia di iOS, iPadOS, Android, dan macOS. Hal tersebut memberikan pengalaman karyawan yang mulus dan lebih ditingkatkan lagi dengan Dynamic Display baru yang membantu pengguna menyesuaikan tampilan, gaya, dan visibilitas catatan dalam saluran mereka. Bigin juga baru-baru ini memperbarui aplikasinya untuk peluncuran Apple's iOS16 dan Samsung Galaxy Z Fold 4, di mana Bigin menjadi mitra peluncuran eksklusif. 
  • Pusat Pengembang : Bigin saat ini membuka platform pengembangnya ke jaringan pengembang dan mitra aplikasi global yang ingin menciptakan solusi khusus untuk kebutuhan bisnis yang unik. Dengan berbagai alat dan komponen pengembang seperti bidang khusus, tombol, tautan, widget, daftar terkait, dan REST API, pengembang dapat membuat Topping baru yang dapat dimonetisasi di Bigin Marketplace

Harga 

Bigin dari Zoho CRM mulai dari 7 dolar AS /pengguna/bulan (ditagih setiap tahun) untuk edisi Express, dan 12 dolar AS /pengguna/bulan (ditagih setiap tahun) untuk edisi Premier. Ada juga edisi gratis yang tersedia. 

BACA SELANJUTNYA

Zoho Marketing Plus, Dorong Pertumbuhan Bisnis dan Pengalaman Pelanggan yang Lebih Baik