Sabtu, 24 Februari 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 02 Februari 2023 | 19:28 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Grab Indonesia mewujudkan komitmennya dalam mendorong digitalisasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui kerja sama dengan  PT SRC Indonesia Sembilan (SRCIS).

Melalui kolaborasi ini, berbagai layanan digital dari ekosistem Grab Indonesia dan OVO akan terintegrasi dengan aplikasi AYO SRC, yang merupakan platform ekosistem digital dari Sampoerna Retail Community (SRC).

Pada akhir tahun 2022, lebih dari 225.000 UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia telah bergabung dengan jaringan retail terbesar SRC.

Kemitraan strategis digitalisasi UMKM melalui layanan QRIS OVO di toko kelontong SRC dan layanan pengantaran GrabExpress di aplikasi AYO SRC tersebut ditandai dengan berlangsungnya penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan di Jakarta pada Selasa (31/01).

Kombinasi adopsi digital dari berbagai layanan ekosistem Grab Indonesia dan OVO berkolaborasi dengan ekosistem digital SRC, diharapkan dapat membantu UMKM toko kelontong semakin berdaya saing dan terus memberikan kontribusi positif terhadap perekonomian di daerah masing-masing.

Director of Grab for Business, Grab Indonesia, Roy Nugroho menyampaikan, "Kerja sama ini didasari oleh kesamaan misi antara Grab dan PT SRCIS untuk mendorong manfaat digitalisasi agar dapat dinikmati berbagai lapisan masyarakat di Indonesia. Kolaborasi strategis ini merupakan bagian dari upaya untuk mendorong pencapaian target pemerintah dalam mendigitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024. Mitra SRC kini dapat memanfaatkan layanan digital dari ekosistem Grab meliputi layanan pengantaran GrabExpress, penjualan berbagai produk digital serta ketersediaan QRIS OVO di toko kelontong SRC."

Direktur PT SRC Indonesia Sembilan, Rima Tanago mengatakan, "Kolaborasi dengan Grab ini merupakan bukti nyata upaya kami untuk terus mengembangkan potensi UMKM toko kelontong di seluruh Indonesia agar dapat semakin naik kelas. Ke depan, kami akan terus melakukan inovasi dan kolaborasi dengan berbagai pihak agar dapat memberikan dampak positif bagi UMKM toko kelontong secara menyeluruh. Selain itu untuk pemilik Toko SRC sendiri, saya berharap kolaborasi dengan Grab ini mampu meningkatkan pelayanan digital kepada konsumen sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat secara lengkap." 

Melalui kemitraan strategis ini, toko kelontong SRC untuk pertama kalinya dapat menawarkan layanan pengantaran pihak ketiga untuk mengirimkan belanjaan ke rumah konsumen melalui aplikasi AYO SRC dengan menggunakan layanan GrabExpress.

Dengan layanan ini diharapkan dapat memperluas jangkauan usaha para mitra toko kelontong SRC. Tak hanya itu, konsumen yang berbelanja secara offline akan mendapat kenyamanan dengan opsi pembayaran cashless, melalui ketersediaan QRIS OVO sehingga toko SRC dapat menjadi pilihan utama konsumen dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tentunya hal ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan inklusivitas keuangan para pelaku UMKM. 

Penandatanganan nota kesepahaman antara Grab Indonesia dan PT SRC Indonesia Sembilan. (Grab Indonesia)

UMKM Penopang Ekonomi Indonesia

Sebagai penopang lebih dari 60% produk domestik bruto (PDB), UMKM berperan sangat penting dalam perekonomian di Indonesia.

Meski demikian, per Mei 2022 terdapat 19,5 juta UMKM telah masuk ke dalam ekosistem digital atau sekitar 30% dari total 64 juta UMKM. 

Sebagai bagian penting dari UMKM Indonesia, eksistensi toko kelontong perlu dipertahankan bersama, khususnya agar tetap berdaya saing di tengah perkembangan digitalisasi yang begitu cepat.

BACA SELANJUTNYA

Ribuan Driver Grab dan Keluarga Nonton Bareng Film Srimulat: Hidup Memang Komedi