Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 05 Februari 2023 | 19:30 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Akses ke Wikipedia telah diblokir di Pakistan setelah platform tersebut gagal menghapus konten yang dianggap menyinggung, beberapa organisasi berita melaporkan pada hari Jumat (3/2/2023), mengutip regulator media negara itu.

Dilansir dari Russia Today, Malahat Obaid, juru bicara Otoritas Telekomunikasi Pakistan (PTA), mengatakan bahwa badan tersebut berhubungan dengan Wikipedia mengenai masalah tersebut. Obaid dikutip mengatakan bahwa akses ke situs web akan dipulihkan jika memenuhi tuntutan PTA.

Pada hari Rabu, PTA mengatakan telah "menurunkan" layanan Wikipedia di negara itu selama 48 jam sebagai peringatan. Menurut regulator, situs web mengabaikan permintaan untuk menghapus "konten tidak pantas" yang tidak ditentukan.

"Platform tidak mematuhi dengan menghapus konten yang menghujat atau muncul di hadapan Otoritas," kata PTA dalam sebuah pernyataan di situs webnya.

Regulator menambahkan bahwa misinya adalah untuk mempertahankan "pengalaman online yang aman bagi semua warga Pakistan sesuai dengan hukum setempat."

Penistaan agama adalah ilegal di Pakistan, negara mayoritas Muslim berpenduduk lebih dari 230 juta, dan dapat mengakibatkan hukuman mati.

Pada tahun 2020, PTA mengirim pemberitahuan ke Wikipedia dan Google, menuntut penghapusan konten yang menyinggung. Regulator mengatakan pada saat itu bahwa mereka telah menerima keluhan tentang Wikipedia yang menampilkan kartun yang mengejek Nabi Muhammad, antara lain.

BACA SELANJUTNYA

Apa Itu Microsoft Word Web dan Bagaimana Cara Pakainya?