Kamis, 25 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Rabu, 08 Februari 2023 | 10:34 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - ChatGPT merupakan salah satu platform dan aplikasi berbasis AI yang sangat populer akhir-akhir ini. Salah satu pendiri ChatGPT, Sam Altman, membagikan tips untuk membangun startup sukses.

Sam Altman bukan pria sembarangan. Ia merupakan CEO sekaligus salah satu pendiri OpenAI, pengembang di balik platform ChatGPT.

Bersama dengan Elon Musk, Sam Altman merupakan inisiator berdirinya startup OpenAI. Sebagai informasi, ChatGPT adalah chatbot populer dengan kecerdasan buatan yang mampu menjawab segala pertanyaan.

ChatGPT saat ini mempunyai 13 juta pengunjung unik setiap harinya. Terdapat 100 juta pengguna aktif bulanan yang terdaftar pada platform hingga Januari 2023.

Sam Altman membagikan tips bahwa para pendiri harus memiliki deretan hal penting seperti ide, produk, tim, dan eksekusi hebat untuk membuat startup.

Sam Altman (kanan), pendiri ChatGPT sekaligus CEO OpenAI. (Twitter/ @sama)

"Dalam membuat startup sukses, Anda harus mempunyai ide hebat, produk hebat, tim hebat, dan eksekusi hebat," kata Sam Altman selaku CEO OpenAI dikutip dari BusinessInsider.

Altman mengungkap tips tersebut pada rangkaian kuliah di Stanford University, sekitar 9 tahun lalu. Meski begitu, "materi kuliah" dari Altman masih sangat relevan untuk diperhatikan hingga saat ini.

Altman saat itu menjabat sebagai presiden akselerator startup Y Combinator. Dalam materi kuliahnya, Altman memperingatkan calon co-founder bahwa membangun startup adalah komitmen 10 tahun. Pastikan bahwa kalian mengejar ide yang tepat.

Ilustrasi ChatGPT. (OpenAI)

"Jika Anda memiliki beberapa ide, kerjakan salah satu yang paling sering Anda pikirkan ketika Anda sedang tidak memikirkan pekerjaan. Ide-ide terbaik seringkali terlihat mengerikan di awal. Apabila terdengar sangat bagus, akan ada terlalu banyak orang yang mengerjakannya," ungkap Altman.

Berikut beberapa tips untuk membuat startup sukses dari pendiri ChatGPT:

  • Ide terbaik seringkali merupakan ide yang tampak seperti ide buruk bagi sebagian orang.
  • Temukan pasar kecil di mana kalian bisa berkembang cepat pada sektor tersebut.
  • Buatlah produk yang dicintai oleh target pasar.
  • Saat mengumpulkan basis pelanggan, pastikan kalian mendengarkan feedback atau saran dari mereka.

Altman juga memperingatkan bahwa startup perlu berjuang untuk menumbuhkan basis pelanggan secara organik.

Pastikan bahwa kalian membuat produk atau jasa yang sangat disukai oleh target pasar.

"Sangat sedikit startup yang mati karena persaingan. Kebanyakan mati karena mereka sendiri gagal membuat sesuatu yang disukai pengguna. Mereka menghabiskan waktunya untuk hal lain," kata pendiri ChatGPT, Sam Altman.

BACA SELANJUTNYA

Rekan Pick Saber Roamer, Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tak Kalah di MLBB