Rabu, 29 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 08 Februari 2023 | 15:07 WIB

Hitekno.com - Perusahaan teknologi belakangan ini sedang dilanda badai PHK. Bak domino, perusahaan besar sekelas Google (Alphabet), Meta, Twitter dan masih banyak lagi pun terdampak.

Dan hal tersebut tidak berhenti di tahun 2023. Sejumlah nama besar juga melakukan hal yang sama.

Dilansir dari Tech.co, berikut adalah 5 perusahan teknologi besar kelas dunia yang lakukan PHK belum lama ini:

1. Zoom: PHK sekitar 1.300 staf

Zoom mengumumkan bahwa mereka merumahkan 1.300 staf, sekitar 15% dari tenaga kerjanya. Zoom mengalami peningkatan pesat selama pandemi, dengan namanya menjadi identik dengan konferensi web kepada masyarakat umum. Namun sekarang, perusahaan mengencangkan ikat pinggangnya, menyalahkan "ketidakpastian ekonomi global", seperti yang dikatakan kepala eksekutif, Eric Yuan, dalam sebuah pernyataan resmi.

2. Dell: PHK sekitar sekitar 6.650 staf

Raksasa komputasi Dell mengumumkan bahwa mereka merumahkan lebih dari 6.000 staf, sekitar 5% dari total tenaga kerjanya. Co-Chief Operating Officer Dell Jeff Clarke menyatakan bahwa "kondisi pasar terus terkikis dengan masa depan yang tidak pasti", meskipun perusahaan telah mengambil langkah-langkah pemotongan biaya baru-baru ini, termasuk pembekuan perekrutan.

3. PayPal: PHK sekitar 2.000 staf

PayPal mengumumkan pemotongan besar-besaran sekitar 7% dari tenaga kerjanya, dengan 2000 karyawan diberhentikan dari perusahaan. Dalam sebuah pernyataan, CEO Dan Schulman menyalahkan keputusan itu pada "lingkungan ekonomi makro yang menantang."

4. IBM: PHK sekitar 3.900 staf

IBM mengumumkan bahwa mereka akan memangkas hampir 4.000 staf, mewakili 1,4% dari tenaga kerja perusahaan. PHK akan berdampak pada Kyndryl Holdings, bisnis layanan TI perusahaan, dan divisi Watson Health-nya. PHK disalahkan karena IBM kehilangan target kas tahunannya, meskipun dalam sebuah pernyataan, CFO James Kavanaugh menyatakan "[IBM] berkomitmen untuk mempekerjakan untuk penelitian dan pengembangan yang dihadapi klien."

5. Intel PHK sekitar: 544 staf

Intel mengonfirmasi bahwa mereka memangkas lebih dari 500 staf dalam PHK teknologi terbaru, dengan tujuan untuk memotong $ 3 miliar dari anggarannya tahun ini. Pendapatan untuk Intel turun 20%, yang mungkin menjelaskan mengapa ia menyingkirkan 544 karyawan, jumlah yang cukup sederhana dibandingkan dengan ribuan yang telah kita lihat dilepaskan dari Google dan Microsoft dalam beberapa minggu terakhir, meskipun sedikit kenyamanan bagi mereka yang terkena dampak.

BACA SELANJUTNYA

Jajaran Dell XPS Terbaru, Desain Stylish dan Futuristik