Kamis, 30 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Kamis, 09 Februari 2023 | 13:38 WIB

Hitekno.com - PT GoTo Gojek Tokopedia atau GoTo mengumumkan perombakan jajaran kepemimpinan perusahaan. Perombakan ini ditujukan guna meningkatkan tata kelola Perseroan juga menjalankan operasional bisnis lebih efisien.

Dengan perombakan jarajaran direksi dan komisaris GoTo, perusahaan berharap bisa menjalankan operasional bisnis yang lebih efisien dan cepat untuk mendorong bisnis menuju profitabilitas.

GoTo mengumumkan perubahan tersebut sebagai bagian dari Pemanggilan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan diselenggarakan pada 2 Maret 2023, dengan agenda yang mencakup di antaranya pengajuan perubahan jajaran Dewan Komisaris, Direksi, serta penunjukan Komisaris Independen baru.

Pemanggilan RUPSLB disampaikan kepada publik hari ini dan dapat diakses melalui laman Bursa Efek Indonesia (BEI) serta situs web resmi GoTo. 

Perubahan yang Diajukan untuk Dewan Komisaris dan Direksi 

Dengan persetujuan para pemegang saham pada RUPSLB, GoTo akan memperkuat serta memperkaya keberagaman Dewan Komisarisnya.

GoTo akan mengajukan perombakan:

  • Agus D. W. Martowardojo untuk menjabat sebagai Komisaris GoTo. Agus Martowardojo memiliki pengalaman lebih dari 30 tahun di bidang perbankan dan keuangan. Sebelumnya, beliau menjabat sebagai Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk pada tahun 2005-2010, dan Menteri Keuangan Republik Indonesia pada tahun 2010-2013. Pada tahun 2012, beliau mendapat penghargaan sebagai Menteri Keuangan Terbaik se-Asia Pasifik dari The Banker. Beliau kemudian menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia pada tahun 2013-2018. 
    Marjorie Lao untuk menjabat sebagai Komisaris Independen GoTo. Marjorie memiliki pengalaman luas dalam bidang keuangan perusahaan, dengan pengalamannya menjabat sebagai Chief Financial Officer (CFO) LEGO Group dan sejumlah jabatan kepemimpinan di Cisco Systems, Inc., McKinsey & Company, dan The Procter & Gamble Company. Marjorie juga merupakan anggota Direksi di Logitech dan anggota Dewan Penasihat Eropa di Harvard Business School.
  • Patrick Sugito Walujo untuk menjabat sebagai Komisaris GoTo. Patrick adalah Co-Founder dan Managing Partner Northstar Group, yang didirikan pada tahun 2003 dan kini telah menjadi salah satu perusahaan investasi terkemuka Indonesia. Patrick mengawali karirnya di Goldman Sachs London dan New York, dan merupakan mantan Senior Vice President di Pacific Century Ventures, Tokyo.
  • Winato Kartono untuk menjabat sebagai Komisaris GoTo. Winato adalah Founding Partner Provident, dengan lebih dari 25 tahun pengalaman di sektor perbankan dan pengelolaan bisnis. Winato mengawali karirnya di Bank Sumitomo Niaga, kemudian beralih ke Arthur Andersen Indonesia, sebelum bergabung ke Citigroup. Di Citigroup, Winato membangun karirnya selama delapan tahun hingga menjabat Head of Investment Banking di Indonesia.
  • Kevin Aluwi akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Komisaris GoTo. Beliau tetap merupakan pemegang saham dengan hak suara multipel (SDHSM) GoTo. 
  • Anthony Wijaya akan mengundurkan diri dari jabatan Direksi GoTo dan akan berfokus pada strategi e-commerce GoTo sebagai Chief Operating Officer Tokopedia.

GoTo juga menominasikan dua kandidat untuk Direksi:

  • Pablo Malay sebagai Direktur/Chief Corporate Officer, akan mengawasi fungsi-fungsi Corporate Development, Partnership, dan Legal.
  • Nila Marita, sebagai Direktur/Head of External Affairs, akan mengawasi fungsi-fungsi Corporate Affairs serta Public Policy and Government Relations.

Andre Soelistyo - Direktur Utama GoTo. (dok. GoTo)

Andre Soelistyo, Direktur Utama GoTo menjelaskan, "Sebuah kehormatan bagi kami menyambut pencalonan Bapak Agus Martowardojo sebagai Komisaris GoTo. Bapak Agus adalah sosok yang tidak asing lagi bagi kami, setelah sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Tokopedia. Wawasan dan pengalaman Bapak Agus yang begitu luas sebagai pemimpin yang andal dan dihormati di sektor swasta serta rekam jejak yang teruji selama masa kepemimpinannya di Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, akan sangat berharga dalam memandu GoTo melangkah menuju fase selanjutnya, yakni membawa bisnis kami menuju profitabilitas."

"Saya juga bangga menyambut pencalonan Marjorie, Patrick, dan Winato bergabung ke dalam Dewan Komisaris GoTo. Pencalonan mereka untuk bergabung bersama GoTo membuktikan komitmen Perseroan untuk membangun perusahaan yang diperkaya dengan wawasan dan keahlian yang beragam, termasuk dari para pemegang saham kami, agar GoTo dapat terus menjalankan strateginya mendorong pertumbuhan dan efisiensi. Saya juga ingin menyampaikan apresiasi atas dukungan yang signifikan dari Kevin dan akan terus bekerja sama dengan beliau sebagai pemegang SDHSM GoTo, untuk mencapai misi serta tujuan jangka panjang Perseroan." lanjutnya.

Penetapan Presiden Unit Bisnis dan Struktur Manajemen Grup

GoTo menambahkan jabatan Presiden di dalam struktur organisasinya untuk memimpin masing-masing unit bisnis On-Demand Services, E-Commerce, dan Financial Technology. 

  • Melissa Siska Juminto, yang saat ini menjabat sebagai Direktur/Chief Human Resources Officer GoTo dan Chief Operating Officer Tokopedia, akan menjabat sebagai Presiden unit bisnis E-Commerce GoTo dan tetap memegang jabatannya sebagai Direktur/Chief Human Resources Officer di GoTo.
  • Catherine Hindra Sutjahyo, yang saat ini menjabat sebagai Direktur/Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo akan menjabat sebagai Presiden unit bisnis On-Demand Services GoTo.
  • Hans Patuwo, yang saat ini menjabat sebagai Direktur/Head of Payments and Financial Services GoTo, akan menjabat sebagai Presiden unit bisnis Financial Technology. 

Ketiga Presiden tersebut memiliki pengalaman sangat luas di bidang masing-masing, dan telah menghasilkan berbagai pencapaian dalam membangun bisnis di ekosistem GoTo.

Mereka akan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama GoTo, Andre Soelistyo, dan bekerja bersama untuk mengoptimalkan sinergi di antara seluruh unit bisnis.

Pada saat yang sama, William Tanuwijaya akan bertransisi dari tanggung jawab eksekutifnya di Tokopedia dan mendedikasikan waktunya secara penuh di Grup GoTo.

William akan terus menjalankan fungsinya di Dewan Komisaris GoTo, sebagai Co-Chairman bersama dengan Garibaldi Thohir, dan akan berperan aktif dalam mendukung manajemen GoTo untuk implementasi strategi bisnis jangka panjang GoTo. 

William Tanuwijaya menjelaskan, "Saya bersyukur telah menjalani 15 tahun terakhir mendirikan dan membangun Tokopedia. Kini, saya akan mendedikasikan waktu saya untuk membangun dan mencapai visi misi Grup GoTo, bekerja secara erat dengan manajemen untuk membangun salah satu perusahaan paling ikonik dan bermakna di panggung dunia."

Andre menambahkan, "Menetapkan para Presiden untuk mengepalai unit bisnis dalam Grup adalah langkah kunci untuk mendorong integrasi ekosistem lebih erat sebagai One GoTo. Perseroan telah mengawali babak baru sebagai perusahaan terbuka, hal ini membutuhkan gaya kepemimpinan baru, yang dapat bekerja sama untuk menjadikan GoTo ekosistem yang unik secara global. Melissa, Catherine dan Hans telah terbukti sebagai pemimpin yang andal dengan pengalaman yang luas, dan telah membuktikan berbagai pencapaian dalam pengembangan bisnis di area masing-masing. Saya bangga GoTo dapat mengangkat pemimpin berkaliber seperti Melissa, Catherine, dan Hans dari dalam Perseroan, untuk mengemban tanggung jawab lebih besar, agar Perseroan melahirkan gagasan-gagasan baru serta memiliki fokus lebih tajam dalam mengakselerasi langkah GoTo mencapai profitabilitas."

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada William atas komitmen dan kerja kerasnya mendirikan dan membangun Tokopedia, serta kepemimpinan William dalam mengawal integrasi GoTo hingga menjadi perusahaan terbuka, yang telah berkontribusi kepada pertumbuhan sektor ekonomi digital Indonesia. Saya sangat bersemangat untuk berkolaborasi lebih erat lagi dengan William membawa perusahaan ke tahap pertumbuhan berikutnya dan memberikan manfaat yang lebih besar kepada ekosistem GoTo yang semakin luas." lanjutnya.

GoTo juga melakukan penyesuaian pada struktur kepemimpinannya untuk memperkuat proses pengambilan keputusan dan mempercepat pelaksanaan strategi:

  • GoTo akan membentuk Divisi Teknologi (Technology Office) baru, yang bertugas untuk membangun perangkat platform teknologi (engineering platform tools) yang dapat diaplikasikan di seluruh Grup guna mempercepat inovasi dan integrasi, serta mengurangi biaya. Direktorat ini akan dikepalai oleh Severan Rault, Chief Technology Officer (CTO) Gojek, yang akan mengemban jabatan baru sebagai CTO GoTo. 
  • GoTo juga akan membentuk Shared Consumer Platform, sebuah direktorat yang bertugas untuk mempercepat dan memastikan terbentuknya pengalaman konsumen yang seragam di seluruh ekosistem GoTo (One GoTo experience). Chief Product Officer Tokopedia Ramesh Gururaja, akan mengemban tugas tambahan memimpin Divisi Shared Consumer Platform ini. 
  • GoTo juga telah mengawali proses rasionalisasi logistik pengiriman dan pemenuhan (fulfillment) di Gojek dan Tokopedia melalui GoTo Logistics. Kevin Widlansky, CEO Swift Fulfillment and Logistics, anak usaha dari GoTo, akan mengepalai GoTo Logistics.
  • Fungsi Hubungan Investor akan dikonsolidasikan di bawah Jacky Lo, Direktur/Chief Financial Officer GoTo, dengan tanggung jawab yang lebih luas, yaitu untuk membina hubungan baik dengan para investor dan penjadwalan pelaporan kinerja GoTo secara rutin.
  • Presiden Grup GoTo, Patrick Cao, akan bertransisi menuju peran baru, yakni mengepalai GoTo Future Fund, dana abadi yang akan fokus pada inisiatif keberlanjutan untuk mendukung tercapainya komitmen keberlanjutan Tiga Nol GoTo pada tahun 2030 yaitu nol emisi karbon, nol sampah dan nol hambatan. 

BACA SELANJUTNYA

Q1 2023: Penjualan Mobil dan Motor Listrik di Tokopedia Naik 2 Kali Lipat