Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Jum'at, 10 Februari 2023 | 18:46 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Masa Donald Trump di penjara media sosial telah berakhir, karena mantan presiden itu dilaporkan telah diberi kembali kendali atas akun Facebook dan Instagram-nya lebih dari dua tahun setelah di-boot dari platform setelah kerusuhan Capitol AS.

Dilansir dari RT.com, Trump mendapatkan kembali kendali atas akunnya minggu ini, beberapa outlet media melaporkan pada hari Kamis (9/2/2023).

Meta Platforms Inc., perusahaan induk Facebook dan Instagram, mengatakan bulan lalu bahwa larangan Trump akan berakhir, mengingat dia telah mendeklarasikan pencalonannya dalam pemilihan presiden 2024.

"Publik harus dapat mendengar apa yang dikatakan politisi mereka - yang baik, yang buruk dan yang jelek - sehingga mereka dapat membuat pilihan berdasarkan informasi di kotak suara," kata Meta dalam sebuah pernyataan.

Ilustrasi Instagram. (Pixabay)

Perusahaan itu menambahkan bahwa mereka telah menciptakan "pagar pembatas baru" untuk mencegah pelanggaran berulang terhadap kebijakannya, termasuk hukuman yang lebih berat jika Trump melanggar aturannya.

Trump sebelumnya telah dipulihkan oleh Twitter, yang berarti dia sekarang pada dasarnya bebas untuk memposting konten di semua platform media sosial arus utama.

Miliarder Elon Musk, yang mengakuisisi Twitter seharga $44 miliar Oktober lalu, mengundang Trump kembali ke platform pada November.

Namun, mantan presiden itu belum melanjutkan tweeting dan mengatakan bahwa dia tidak melihat alasan untuk kembali di tengah kesuksesan platformnya sendiri, Truth Social.

Akun Facebook dan Instagram Trump tidak memiliki konten baru yang diposting pada Kamis sore. Di Facebook, di mana dia memiliki 34 juta pengikut, pesan terakhirnya adalah permohonan 6 Januari 2021 agar "semua orang di Capitol AS tetap damai."

Akun Instagram-nya memiliki 23.4 juta pengikut, sedangkan akun Twitter-nya yang masih menganggur memiliki 87.6 juta. Sebagai perbandingan, ia memiliki kurang dari lima juta pengikut di Truth Social.

Mengingat jangkauan besar platform media sosial lama, Trump mungkin tergoda untuk kembali menggunakannya saat perlombaan memanas untuk nominasi presiden 2024 Partai Republik.

Namun, kehadiran eksklusifnya di Truth Social meningkatkan nilai platformnya sendiri, berpotensi membuat sahamnya dalam bisnis bernilai miliaran dolar.

Faktanya, hingga Juni, dia secara kontrak diwajibkan untuk menunggu setidaknya enam jam setelah posting Truth Social-nya untuk mengirim konten yang sama di platform lain.

Pembatasan itu tidak berkaitan dengan pesan politik, dan dia mungkin memilih untuk tidak memperbarui perjanjian eksklusivitas ketika berakhir pada Juni.

BACA SELANJUTNYA

5 Hero Mobile Legends Terbaik Pilihan Pro Player di MPL ID S12, Mayoritas Tank dan Marksman