Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Minggu, 12 Februari 2023 | 11:03 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Setiap perusahaan hebat dimulai dengan ide hebat, tetapi bahkan ide terbaik pun tidak akan berhasil tanpa uang. Dibutuhkan banyak pembiayaan untuk startup untuk mendapatkan dari visi ke eksekusi, dan bagi banyak pengusaha, Venture Capital memberikan dukungan keuangan yang penting pada tahap awal pertumbuhan.

Venture Capital (VC) adalah bentuk ekuitas swasta yang mendanai perusahaan rintisan dan perusahaan baru tahap awal dengan sedikit atau tanpa riwayat operasi tetapi potensi pertumbuhan yang signifikan. Perusahaan pemula menjual saham kepemilikan ke Venture Capital dengan imbalan pembiayaan, dukungan teknis, dan keahlian manajerial.

Investor VC biasanya berpartisipasi dalam manajemen dan membantu eksekutif muda perusahaan membuat keputusan untuk mendorong pertumbuhan. Pendiri startup memiliki keahlian mendalam dalam lini bisnis pilihan mereka.

Namun, mereka mungkin kekurangan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk menumbuhkan perusahaan yang sedang berkembang, sementara VC berspesialisasi dalam membimbing perusahaan baru. Venture Capital menawarkan keuntungan lain bagi pengusaha.

Perusahaan portofolio mendapatkan akses ke jaringan mitra dan pakar dana VC. Selain itu, mereka dapat bergantung pada perusahaan VC untuk mendapatkan bantuan saat mereka mencoba mengumpulkan lebih banyak uang di masa depan.

Venture Capital adalah investasi alternatif yang biasanya hanya tersedia bagi investor institusional dan terakreditasi. Dana pensiun, lembaga keuangan besar, investor berpenghasilan tinggi (HNWI), dan manajer kekayaan biasanya berinvestasi dalam dana VC.

Cara Kerja Venture Capital

Perusahaan Venture Capital menyediakan pendanaan untuk perusahaan baru di tahap awal pengembangan. Sebagai imbalan atas pendanaan, perusahaan VC mengambil kepemilikan saham yang biasanya kurang dari 50%.

Tujuan dana VC adalah untuk meningkatkan nilai startup, kemudian keluar dari investasi secara menguntungkan dengan menjual sahamnya atau melalui penawaran umum perdana (IPO). Ada empat jenis pemain dalam industri Venture Capital:

• Pengusaha yang memulai perusahaan membutuhkan dana untuk mewujudkan visi mereka.
• Investor yang bersedia mengambil risiko yang signifikan untuk mengejar keuntungan yang tinggi.
• Bankir investasi membutuhkan perusahaan untuk menjual atau mengambil publik.
• Kapitalis ventura mendapat untung dengan menciptakan pasar bagi pengusaha, investor, dan bankir.

Pengusaha yang mencari modal menyerahkan rencana bisnis ke perusahaan VC dengan harapan mendapatkan pendanaan. Jika perusahaan VC menganggap rencana bisnisnya menjanjikan, ia akan melakukan uji tuntas, yang mencakup penelaahan mendalam ke dalam model bisnis, produk, manajemen, riwayat operasi, dan area lain yang berkaitan dengan penilaian kualitas bisnis dan ide.

Jika proses due diligence berhasil dan prospek pertumbuhan bisnis menjanjikan, perusahaan VC akan menawarkan modal sebagai ganti saham ekuitas. Seringkali, modal diberikan dalam beberapa putaran dan perusahaan VC akan berperan aktif dalam membantu menjalankan perusahaan portofolio.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Gunakan Skema Ponzi Bitcoin, Perusahaan Trading Ini Kena Denda Rp 49,7 T