Jum'at, 29 Maret 2024
Agung Pratnyawan : Senin, 13 Februari 2023 | 19:06 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - PT Indonesia Digital Identity atau VIDA resmi mengumumkan kerja sama dengan PT FM Digital Solution untuk memperkuat layanan keuangan Flash Mobile dari MNC Group.

Bagaimana bentuk kerja sama antara trust provider VIDA dengan perusahaan payment gateway provider dan biller aggregator dari MNC Group ini?

Flash Mobile merupakan salah satu ekosistem digital yang digadang PT MNC Kapital Indonesia. Melalui kerja sama ini, VIDA bersinergi dengan Flash Mobile dalam membangun sektor keuangan terpercaya dan mengedepankan digital trust pada berbagai layanan keuangan digital, khususnya yang berada di bawah naungan MNC Group.

Kolaborasi ini lahir dari kesamaan misi kedua perusahaan, yakni membangun ekosistem layanan keuangan digital yang aman, nyaman serta inklusif di Indonesia.

Flash Mobile menawarkan akses eksekusi real-time terintegrasi ke berbagai metode pembayaran serta mengumpulkan pembayaran tagihan biller MNC Group dan 2.500 merchant lainya melalui integrasi single API.

Dalam kerja sama ini, VIDA menghadirkan layanan VIDA Verify, yakni layanan verifikasi identitas online berdasarkan penerbitan sertifikat elektronik oleh VIDA sebagai Penyelenggara Sertifikat Elektronik (PSrE) berinduk Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Kerja sama ini akan memberikan nilai tambah untuk mendukung proses bisnis fintech yang diproses oleh Flash Mobile, termasuk melakukan proses verifikasi identitas online, maupun layanan berbasis sertifikat elektronik lain ke depannya seperti tanda tangan digital, otentikasi multifaktor, dan lain sebagainya.

Jessica Tanoesoedibjo, Direktur PT FM Digital Solution mengungkapkan "Integrasi layanan identitas digital yang komprehensif melalui Flash Mobile di berbagai layanan keuangan MNC Group merupakan langkah bisnis yang vital bagi kami. Oleh karenanya, kami senang dapat berpartner dengan VIDA, yang bersama-sama Flash Mobile menghadirkan layanan identitas digital yang aman dan nyaman. Hal ini merupakan perwujudan komitmen kami dalam menerapkan sistem keamanan dan privasi kelas dunia kepada pengguna layanan kami di MNC Group yang sangat besar. Lewat kerja sama ini, kami berharap Flash Mobile dan MNC Group dapat terus berinovasi dalam mendorong ekosistem layanan keuangan digital yang inklusif maupun berkontribusi bagi perekonomian nasional."

Kerja sama ini sejalan dengan peran Flash Mobile dalam menguatkan value MNC Group di era disrupsi digital, dengan menekankan keamanan sebagai aspek yang penting bagi layanan keuangan digital dalam skala yang besar.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Google, Temasek, dan Bain & Company, pembayaran non-tunai di Indonesia dalam nilai transaksi bruto
(gross transaction value) diperkirakan terus tumbuh hingga dapat menyentuh angka USD 421 miliar pada 2025 dengan laju pertumbuhan tahun majemuk (Compound Annual Growth Rate) sebesar 17% dari 2022.

Potensi yang sangat besar ini tentunya memerlukan digital trust agar pengguna semakin percaya untuk melakukan transaksi digital.

Niki Luhur, Group CEO dan Co-Founder VIDA, mengatakan "Dengan tingginya tren ancaman kejahatan siber khususnya pada sektor keuangan saat ini, kepercayaan masyarakat terhadap keamanan digital (digital trust) menjadi salah satu kunci dalam mendorong tumbuhnya ekonomi digital. Sebagai digital trust provider, VIDA berkomitmen tidak hanya menyajikan teknologi identitas digital yang aman, namun juga sistem yang mudah diakses dan digunakan konsumen. Untuk itu kami merasa bangga dapat bekerja sama dengan MNC Group melalui Flash Mobile dalam bersama-sama menghadirkan teknologi identitas digital yang aman, nyaman, dan mudah diakses bagi pengguna. Kerja sama ini hadir dari kesamaan misi VIDA dengan Flash Mobile dalam menghadirkan pengalaman digital terintegrasi serta pertumbuhan berkelanjutan bagi para stakeholder."

Sebagai penyedia identitas digital, VIDA terus menjunjung tinggi tiga nilai penting yang dihadirkan melalui produk-produknya, yaitu Speed, Scale and Secure.

Speed yakni kemampuan teknologi VIDA untuk memproses, memverifikasi dan melakukan otentikasi data pengguna dalam waktu singkat.

Secure yakni memberikan jaminan lebih terhadap keamanan data dari pengguna dengan enkripsi end-to-end, dan telah dijamin oleh berbagai akreditasi kelas global seperti ISO 27001 dan WebTrust.

Scale di mana dalam kerja sama ini teknologi VIDA mampu memproses data dalam skala besar.

"Teknologi kelas dunia VIDA tak hanya memudahkan layanan keuangan digital lebih aman dan legal, namun juga lebih nyaman digunakan pengguna serta membantu perusahaan untuk meningkatkan skala bisnis mereka dan mempercepat pertumbuhan. Dengan posisi strategis Flash Mobile di MNC Group yang memiliki cakupan layanan yang luas, kami optimis ke depannya kerja sama ini dapat berkontribusi lebih luas dalam agenda transformasi digital nasional di berbagai sektor. Harapannya, kerja sama VIDA dengan Flash Mobile dapat menjadi upaya bersama untuk membangun ekosistem layanan keuangan digital yang inklusif di Indonesia." pungkas Niki.

BACA SELANJUTNYA

GoTo Financial Dorong Optimalisasi Layanan Keuangan dengan Ekosistem Inklusif