Senin, 27 Mei 2024
Agung Pratnyawan : Selasa, 14 Februari 2023 | 17:29 WIB

Hitekno.com - Niagahoster menggelar event WordPress Insight 5.0 bertajuk "Praktik Langsung Optimalkan SEO Wordpress", Sabtu (11/2/2023).

Dalam event WordPress Insight tersebut, Niagahoster memberikan pembelajaran SEO yang berguna bagi blogger mapun yang tengah mengembangkan website bisnis.

SEO atau Search Engine Optimization menjadi salah satu aspek digital marketing yang banyak mendapat perhatian dari para pebisnis maupun blogger.

Melihat pentingnya SEO, Niagahoster mengasilitasi pembelajaran melalui event WordPress Insight 5.0.

Event yang diadakan secara offline di kantor Niagahoster dan secara online via Zoom tersebut menarik perhatian sebanyak 260 peserta dari seluruh Indonesia, dan menghadirkan Muhammad Ilman Akbar, SEO Trainer & Consultant, sebagai pemateri.

Dalam kesempatan tersebut, Ilman yang juga aktif memberikan informasi dan edukasi tentang SEO di blog dailyseo.id tersebut menjelaskan secara detil mengenai pengenalan SEO dasar untuk yang baru ingin memulai atau mengoptimasi SEO website bisnis atau blog mereka.

"SEO tidak semudah hanya menginstall plugin SEO di WordPress, namun juga tidak sesulit yang dibayangkan. SEO masih bisa dipelajari, dan yang terpenting adalah diimbangi dengan praktik secara langsung," ujarnya.

Sajikan Konten Relevan dan Bermanfaat

Berbeda dengan anggapan banyak orang, SEO merupakan proses yang panjang dan harus dilalui secara konsisten dan sabar. Oleh karena itu, Ilman mengatakan, jika seseorang hanya ingin cepat-cepat mendapatkan banyak uang menggunakan SEO, maka akan cepat menyerah karena proses SEO yang tidak instan.

"SEO bukan sekadar memilih keyword lalu memasukkannya berkali-kali di dalam konten. Metode seperti itu sudah tidak berlaku karena saat ini Google mencari konten-konten yang relevan dan bermanfaat dari keyword yang dicari penggunanya untuk ditampilkan di hasil pencarian teratas," jelas Ilman.

Mencantumkan keyword produk atau jasa pada nama domain juga tidak lagi ada hubungannya dengan ranking Google. SEO adalah membangun topical authority, bukan domain authority. Yang berarti konten-konten yang dihasilkan harus mengcover satu topik yang spesifik.

"Misalnya seperti yang dilakukan oleh blog Niagahoster yang membahas segala hal mengenai website dan digital marketing. Banyak konten yang bisa dihasilkan dari topik-topik turunan di dalam pembahasan website dan digital marketing. Karena relevan dan bermanfaat, Google menempatkan blog Niagahoster di pencarian teratas dan lama-kelamaan akan teringat oleh pengguna yang ingin mencari topik tersebut untuk mengunjungi website Niagahoster," lanjutnya.

Bangga dengan Blog dan Website Bisnis

Mempromosikan website bisnis dan blog pada kerabat dan teman juga penting untuk dilakukan. Karena semakin banyak orang yang tahu mengenai website tersebut, akan membantu Google untuk percaya dengan website bisnis atau blog itu.

"Kadang orang-orang itu malu untuk mempromosikan ke keluarga dan teman-teman sendiri. Jadi yang utama adalah kita harus bangga. Kalau malu karena nama domainnya, ya buat nama yang lebih bagus dengan top domain. Misalnya .com atau .id," tambah Ilman.

Membagikan tautan blog atau website ke media sosial adalah hal paling mudah untuk dilakukan. Jika ingin semakin dikenal banyak orang, coba bergabung ke komunitas yang kegiatannya aktif. Namun, Ilman menyarankan, bergabung ke komunitas niatkan untuk belajar dan berbagi. Bukan hanya untuk promosi website atau blog.

Mengupdate pengetahuan mengenai SEO dan website secara berkala juga penting dilakukan karena era digital yang bergerak dengan sangat cepat. Salah satunya dengan mengikuti event-event yang diadakan rutin oleh Niagahoster, yang membahas tentang website dan digital marketing secara gratis dan terbuka untuk umum.

BACA SELANJUTNYA

Niagahoster: Pentingnya Memperhatikan Keamanan Digital