Jum'at, 26 April 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 17 Februari 2023 | 10:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Cara memanfaatkan WhatsApp untuk jualan online bisa membantu kamu meningkatkan bisnis. Terutama bagi pelaku bisnis online atau jualan online akan bisa memanfaatkan aplikasi WhatsApp dengan baik.

Jika kamu memiliki bisnis, sangat penting untuk menjelajahi berbagai platform untuk mempromosikan dan beriklan. Dengan begitu, kamu dapat menemukan jalan baru untuk memasarkan bisnis dan menjangkau lebih banyak audiens.

Menjadi platform yang sangat populer, aplikasi WhatsApp untuk bisnis memberimu peluang bisnis online untuk terhubung secara efektif dengan pelanggan.

Selain itu, 67% pengguna lebih suka terhubung dengan bisnis melalui obrolan. Dan menurut penelitian Pew Research Center, 42% pengguna smartphone berusia 18 – 29 tahun memiliki aplikasi perpesanan.

Meskipun demikian, menggunakan WhatsApp bisa ideal jika kamu ingin menjangkau audiens yang lebih muda. Selain itu, pesan instan memiliki tingkat keterlibatan yang lebih baik. Itu karena 98% dari pesan ini dibuka dan dibaca. Dan 90% di antaranya dibaca segera setelah diterima.

Lalu bagaimana cara memanfaatkan aplikasi WhatsApp untuk jualan Online? Berikut cara memanfaatkan WhatsApp untuk jualan yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu.

1. Unduh Aplikasi WhatsApp Business

Kamu bisa mendapatkan aplikasi WhatsApp Business dari Play Store. Aplikasi ini gratis dengan antarmuka pengguna dan fungsionalitas yang mirip dengan versi WhatsApp tradisional. Satu perbedaan penting adalah memungkinkan kamu membuat profil bisnis.

2. Buat Halaman Bisnis

Setelah mengunduh aplikasi, kamu perlu memverifikasi nomor telepon. Kamu juga harus membuat profil bisnis. Pastikan profil memiliki informasi yang berguna seperti nama bisnismu, alamat, deskripsi bisnis, email, dan situs web. Kamu juga dapat mengatur gambar profil.

3. Tetapkan Jam Kerja dan Buat Pesan Selamat Datang

Kamu dapat mengatur jam buka bisnis. Terlebih lagi, kamu dapat menyusun pesan selamat datang untuk pelanggan kamu.

4. Iklankan Bisnis WhatsApp

Pastikan pelanggan kamu dapat menemukan kamu. Kamu dapat menggunakan solusi pemasaran toko digital atau brick-and-mortar untuk mempromosikan WhatsApp Business kamu.

5. Kelola Obrolan Masuk

Setelah mengikuti langkah-langkah ini, kamu dapat mengobrol dengan pelanggan dan mulai menjual produk dan layanan. Kamu juga dapat mengunduh web WhatsApp untuk membantu kamu mengelola obrolan secara efektif.

6. Membuat Akun Diverifikasi

Kamu dapat melangkah lebih jauh dan memverifikasi akun WhatsApp Business kamu. Memiliki tanda centang hijau di samping nama bisnis dapat membantu meningkatkan keyakinan dan kepercayaan di antara pelanggan.

Itulah cara memanfaatkan WhatsApp untuk jualan yang bisa kamu coba lakukan. Selamat mencoba tip bisnis online dengan aplikasi WhatsApp.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Cara Membuat Stiker WhatsApp Sendiri, Beda dengan Lainnya