Kamis, 22 Februari 2024
Agung Pratnyawan : Jum'at, 17 Februari 2023 | 15:23 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Akhir-akhir ini startup Indonesia banyak diperbincangkan. Salah satunya startup eFishery. Seperti apa profil startup eFishery ini, dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu.

eFishery adalah startup di bidang industri akuakultur pertama di Indonesia yang memiliki tujuan untuk membangun ekosistem berkelanjutan di akuakultur dengan memanfaatkan teknologi yang diklaim bisa membantu budidaya ikan atau udang.

E-agriculture yang dikembangkan dengan tujuan membantu petani atau pembudidaya dalam menjaga ketahanan pangan. eFishery atau PT Multidaya Teknologi Nusantara adalah startup asal Kota Bandung, yang menyediakan solusi teknologi pengembangan budidaya ikan untuk kebutuhan para pemilik kolam ikan skala menengah dan besar.

Alat produksi pertama eFishery adalah Pakan Otomatis yang dibuat sejak 2012. Hasil uji coba dan pengembangan perangkatnya tuntas dan mulai dipasarkan ke pemilik kolam ikan skala besar dan menengah pada 2014.

Perjalanan eFishery didukung oleh Ekosistem seperti Bank Mandiri lewat hibah Rp 1,5 miliar untuk pengembangan hingga sosialisasi alat (2015).

Layanan startup eFishery. (eFishery)

Saat ini, eFishery menyediakan aplikasi berbasis operasi digital eFisheryKu, aplikasi layanan penyediaan pakan eFisheryFeed yang terintegrasi dengan layanan pendanaan eFisheryFund.

Dengan eFisheryFeed, pembudidaya bisa mendapatkan berbagai merk pakan sesuai kebutuhan dengan harga yang lebih kompetitif.

Ditambah lagi, pembelian pakan juga lebih mudah karena disediakan opsi pembayaran dengan sistem tempo eFishery Kabayan (kasih bayar nanti) yang menjadi bagian dari eFisheryFund. eFishery didirikan oleh Gibran Huzaifah dengan tiga tujuan utama.

Yaitu menyediakan kebutuhan pangan dunia melalui akuakultur, menjadi solusi untuk mengatasi masalah fundamental dalam industri akuakultur dengan menyediakan teknologi yang terjangkau, dan untuk mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi melalui ekonomi digital yang inklusif.

Sejak berdiri pada 2013, ribuan smart feeders buatan eFishery telah digunakan dan melayani lebih dari 30 ribu pembudidaya di 24 provinsi di Indonesia. Smart feeders merupakan alat untuk memberi pakan ikan dan udang secara otomatis.

Aplikasi startup eFishery. (eFishery)

Menurut laman resminya, eFishery kini terus berkembang tidak hanya menyediakan solusi berbasis teknologi untuk budidaya ikan dan udang saja, tetapi berkembang hingga memiliki platform yang membantu nelayan menangani berbagai risiko, serta menjadi marketplace yang menjual berbagai kebutuhan perikanan.

Keberadaan eFishery ini menjadi hal yang membanggakan untuk negeri karena mampu melihat potensi negara Indonesia yang dikenal sebagai negara maritim dan ingin mengembangkan potensi tersebut dengan terus berinovasi dan secara tidak langsung membantu perekonomian masyarakat Indonesia. 

Itulah profil startup eFishery yang dirangkum tim HiTekno.com untuk kamu. Menjadi startup industri akuakultur pertama di Indonesia.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Mantan Eksekutif Google Dirikan Startup AI, Raih Pendanaan hingga Rp 10 T