Sabtu, 20 April 2024
Agung Pratnyawan : Sabtu, 18 Februari 2023 | 09:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Beredar pesan yang mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak atau DJP berisikan file APK atau file instalasi aplikasi Android. Jika mendapati pesan tersebut, sebagaiknya abaikan jangan sampai klik file APK yang mengaku DJP tersebut.

Dikutip dari Suara.com, masyarakat harus waspada jika mendapat pesan berisikan file APK dengan atas nama Direktorat Jenderal Pajak atau DJP tersebut.

Pasalnya, pesan itu merupakan modus penipuan untuk mencuri data nasabah yang digunakan untuk menguras dana rekening dengan mengatasnamakan DPJ.

Direktorat Jenderal Pajak sendiri telah membantah mengirimkan pesan tersebut.

Biasanya, pesan penipuan dengan modus file APK itu dikirimkan lewat aplikasi WhatsApp dan telegram.

"Direktorat Jenderal Pajak tidak pernah menyampaikan informasi atau bukti apapun dalam bentuk file APK," tulis pengumuman yang ditandatangani Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat DJP Neilmaldrin Noor, dikutip Jumat (17/2/2023).

Neilmaldrin melanjutkan, informasi yang disampaikan DJP ke masyarakat hanya melalui media email dengan alamat yang terdaftar @pajak.go.id.

"Layanan resmi call center DJP hanya melalui Kring Pajak 1500200," ucapnya.

Selain itu, jika menerima telepon dari pihak yang mengatasnamakan DJP selain dari nomor di atas, wajib pajak bisa langsung melakukan konfirmasi melalui Kring Pajak atau kantor pajak terdaftar.

Untuk diketahui, file dengan ekstensi APK adalah berkas paket aplikasi ponsel Android yang bisa diperalat untuk mendistribusikan dan memasang software. File bisa menjadi peralihan penipu untuk mencuri data korban.

Jangan sampai menjadi korban aksi penipuan pesan mengatasnamakan Direktorat Jenderal Pajak. Jangan klik file APK tersebut, karena membahayakan keamanan kamu. (Suara.com/ Achmad Fauzi)

BACA SELANJUTNYA

Lebih dari 150 Ribu Ancaman ke Sistem Pembayaran, Phising Seperti "Flu"