Jum'at, 26 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Senin, 20 Februari 2023 | 15:10 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah merilis data pemilih sementara (DPS) untuk pemilu 2024. DPS ini akan menampilkan 38 nama provinsi, jumlah Tempat Pemilihan Suara (TPS), jumlah pemilih dengan pembagian laki-laki dan perempuan, serta pemilih difabel.

Jumlah data pemilih difabel ini juga terbagi dari lima kategori. Lima kategori yaitu tuna daksa, tuna netra, tuna rungu/wicara, tuna grahita, serta disabilitas lainnya. Beberapa proses menuju Pemilu (Pemilihan Umum) 2024 telah dilaksanakan sejak tahun lalu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga meminta masyarakat untuk melindungi hak pilihnya di Pemilu 2024 dengan memastikan nama sudah tertera di daftar pemilih tetap (DPT) atau belum. Pasalnya, sering terjadi masyarakat yang sudah sesuai dengan syarat menjadi pemilih tetapi belum ada namanya di DPT.

Berikut cara cek DPT yang tim HiTekno.com rangkum untuk kamu:

Cara Cek Terdaftar di DPT atau Tidak

• Kunjungi laman resmi KPU, atau klik tautan infopemilu.kpu.go.id
• Pilih “Cek DPT Online” atau akses laman cekdptonline.kpu.go.id
• Akan muncul “Pencarian Data Pemilih”.
• Masukkan data seperti Kabupaten/kota sesuai KTP, Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang berjumlah 16 digit. Bisa juga melakukan pengecekan dengan memasukkan nama lengkap dan tanggal lahir.
• Pastikan seluruh data diri yang tercantum sudah benar.
• Klik “Pencarian”.
• Jika sudah terdaftar, maka akan muncul nama dan TPU sesuai data yang telah dimasukkan.
• Jika data tidak terdaftar, maka akan ada tulisan, “Data yang Anda masukkan keliru/belum terdaftar!”

Catatan: Apabila tidak terdaftar kamu bisa menghubungi langsung Kantor Komisi Pemilihan Umum terdekat ya untuk memastikan sekaligus meminta dicantumkan ke daftar pemilih tetap jika memang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta masyarakat untuk mengecek status tersebut secara teknis bisa melalui situs KPU atau infopemilu.kpu.go.id atau bisa akses langsung ke cekdptonline.kpu.go.id.

Situs ini memiliki antarmuka dan navigasi sederhana yang memudahkan pemilih untuk cek nama mereka di DPT sekaligus lokasi TPS saat mereka mencoblos. Itulah cara cek apakah sudah terdaftar sebagai pemilih tetap di Pemilu 2024 atau belum. Pastikan kamu melindungi hak pilih kamu ya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Kontributor: Pasha Aiga Wilkins

BACA SELANJUTNYA

Google Rilis Fitur Baru Jelang Pemilu di AS