Minggu, 28 April 2024
Amelia Prisilia : Senin, 20 Februari 2023 | 17:05 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Jerome Polin menuai berbagai kritikan pedas dari netizen baru-baru ini di Twitter. Seorang netizen dengan akun Twitter @Abet_424 lalu menyindir Jerome Polin usai dirinya ikut membicarakan tren meme hewan Capybara yang dinamai 'masbro'.

"Sudah waktunya kita berhenti masbro masbro karena jerome dah ikutan, saatnya cari hewan lain ????" cuit akun Twitter @Abet_424.

Netizen pun menyebut Jerome Polin sebagai pria sok asyik. Konten kreator yang pernah menjadi mahasiswa di Jepang tersebut kemudian dijuluki KY. Banyak yang penasaran dengan arti kata KY itu sendiri. KY merupakan singkatan dari Kuuki wo Yomenai. Huruf K atau Kuuki artinya Udara, sedangkan huruf Y atau Yomenai artinya tidak bisa membaca keadaan.

“Well.. teman-teman orang Indonesia yang juga tinggal di Jepang banyak yang anti-Jerome. Kebanyakan karena dia dianggap KY terutama saat ngonten di public space. Terus juga sering menggeneralisasi ketika memberi info soal Jepang,” kata @sisthaaaaa dalam cuitannya.

KY digunakan untuk menyebut seseorang yang tidak dapat membaca suasana dan menyesuaikan diri dengan kondisi sosial. Gampangnya, KY ditujukan kepada orang yang 'polos' atau kurang bergaul sehingga dianggap kesulitan membaca keadaan sekitar.

Momen Jerome Polin Kamping di Gunung Fuji (YouTube Nihongo Mantappu)

Jerome Polin sebagai YouTuber kerap membuat konten kegiatan sehari-harinya sendiri di Jepang maupun bersama teman-temannya. Ia dalam membuat konten terutama di area publik dianggap tidak dapat memahami keadaan sekitarnya.

Padahal bagi orang Jepang membaca keadaan sekitar adalah hal yang penting. Sementara, konten yang ditampilkan Jerome justru mengabaikan hal tersebut sehingga dinilai tidak bisa menjaga privasi.

BACA SELANJUTNYA

Ummi Pipik Masih Pakai Cadar Meski Jadi BA, Netizen Sentil Inara Rusli