Jum'at, 29 Maret 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Selasa, 21 Februari 2023 | 15:44 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Telkom resmi mengakuisisi ratusan tower atau menara telekomunikasi milik Indosat. Aksi korporasi ini menambah aset dan tenant Mitratel dari IOH.

Ratusan tower tersebut menambah ribuan menara telekomunikasi yang diakuisisi Mitratel sepanjang 2022 lalu.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) memperkuat bisnis menara telekomunikasi melalui anak perusahaannya, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (Mitratel) dengan perjanjian penjualan bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement) sebanyak 997 menara telekomunikasi milik Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) pada Februari 2023.

Transaksi antara Mitratel dan IOH diproyeksikan selesai pada kuartal I/2023.

Direktur Utama Mitratel, Theodorus Ardi Hartoko (Teddy) menyampaikan bahwa kolaborasi ini dapat memperkuat dan memantapkan posisi Mitratel sebagai pemilik menara telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara yang independent dan terpercaya.

Kerja sama anak perusahaan Telkom, Mitratel dengan Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). [Telkom]

“Penambahan sebanyak 997 menara telekomunikasi ini memperkuat ekosistem Mitratel di bisnis menara telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi seluruh operator telekomunikasi," ujarnya dalam keterangan resminya, Selasa (21/2/2023).

Pada 2022, Mitratel mengakuisisi menara telekomunikasi sebanyak 6.088 unit dan 6.012 kilometer (km) fiber optic.

Akuisisi ini merupakan usaha Mitratel untuk memantapkan posisi sebagai konsolidator infrastruktur telekomunikasi (menara dan fiber) utama di Indonesia.

Kesepakatan CSPA dengan IOH kali ini diyakini akan memberikan manfaat untuk pertumbuhan bisnis berkelanjutan untuk kedua perusahaan.

“Mitratel berupaya menjadi perusahaan yang berorientasi pada Leading Sustainable Growth. Perjanjian CSPA dengan IOH melanjutkan pertumbuhan anorganik di tahun-tahun sebelumnya,” lanjut Teddy.

Ke depannya, Mitratel optimis pendapatan akan umbuh di atas rata-rata industri dengan adanya aksi korporasi akusisi tower ini yang dibarengi dengan peningkatan tenancy ratio. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

IndiHome Mau Merger ke Telkomsel? Begini Faktanya