Jum'at, 29 Maret 2024
Amelia Prisilia : Rabu, 22 Februari 2023 | 16:07 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Seorang remaja asal Inggris bernama Joseph James O'Connor akhirnya diekstradisi dari Spanyol ke Amerika Serikat usai sebelumnya dirinya melakukan hack akun Twitter Joe Biden dan Barack Obama di tahun 2020 lalu.

Sebelumnya, Joseph James O'Connor melakukan hack untuk sejumlah akun Twitter tokoh terkenal di Amerika Serikat pada tahun 2020 lalu. Pelaku yang saat itu berusia 17 tahun ini meretas lebih dari 130 akun sejak Juli 2020.

Dilansir dari BBC, akun Twitter sejumlah tokoh kenamaan dunia seperti Bill Gates, Kanye West hingga Elon Musk pernah menjadi korban dari aksi iseng remaja laki-laki asal Liverpool ini.

Joseph James O'Connor melakukan hack untuk akun Twitter tokoh-tokoh dunia tersebut dan meminta pengikutnya untuk mengirim bitcoin ke akun miliknya. Dalam aksinya ini, remaja tersebut berjanji untuk menggandakan uang yang ia terima.

Menangani aksi Joseph James O'Connor yang menggegerkan ini, Twitter saat itu harus menonaktifkan sejumlah akun Twitter dan akun terverifikasi selama beberapa jam.

Barack Obama. (Instagram/ barackobama)

Kini, setelah proses yang cukup panjang, akhirnya Pengadilan Tinggi Spanyol sepakat dan menerima permintaan ekstradisi dari Amerika Serikat. Dalam proses ini, Joseph James O'Connor juga bisa mengambil tindakan naik banding terkait keputusan ekstradisi.

Alasan ekstradisi ini karena pihak Pengadilan Tinggi Spanyol tidak dapat menjatuhkan hukuman. Hal ini terkait data dan bukti yang berada di pihak Pengadilan Tinggi Amerika Serikat.

Usai proses ekstradisi dari Pengadilan Tinggi Spanyol ke Amerika Serikat selesai, maka Joseph James O'Connor akan langsung menerima sanksi atas apa yang ia lakukan dengan meretas akun Twitter Joe Biden dan Barack Obama.

BACA SELANJUTNYA

Netizen Doakan Jokowi 3 Periode, Gibran Rakabuming: Jangan Sampai Kejadian