Kamis, 25 April 2024
Cesar Uji Tawakal : Rabu, 01 Maret 2023 | 07:59 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Terkadang, aplikasi Android yang ingin kamu instal tidak tersedia di Google Play Store ataupun AppStore.

Hal ini dapat terjadi karena sejumlah alasan. Pertama, mungkin aplikasi impian kamu tersebut diblokir secara geografis, berisi konten dewasa, atau pengembang mungkin telah menghapusnya.

Tetapi meskipun sebuah aplikasi tidak tersedia di toko aplikasi biasa, kamu tetap memiliki cara untuk menginstalnya di perangkat kamu.

Caranya adalah dengan memanfaatkan file APK. Ada beberapa situs web pihak ketiga yang memungkinkan kamu melakukan sideload aplikasi melalui APK.

Meski demikian, sangat sedikit yang cukup bagus dalam fungsinya. Oleh sebab itu, Hitekno.com telah merangkum tujuh situs download APK terbaik yang dijamin aman.

Ilustrasi aplikasi HP Android. (pixabay)

1. APK Mirror

APK Mirror merupakan situs download APK terbaik sejauh ini. Di sini, kamu akan menemukan banyak sekali aplikasi yang tidak ada di toko aplikasi resmi. 

Dari game terbaru dan terpopuler hingga aplikasi berguna, APK Mirror memiliki semuanya. Salah satu keistimewaan situs web ini adalah pengguna bahkan dapat menemukan dan mengunduh APK versi lama dari beberapa tahun yang lalu. 

Selain itu, APK yang diunduh dari situs web kemungkinan besar aman karena semua APK telah diperiksa oleh tim sebelum dipublikasikan. 

2. APK Pure

Situs web APK Pure ini secara ketat memeriksa keabsahan APK sebelum menerbitkannya di platform.

Situs ini menggunakan sertifikat SHA1 untuk memastikan semua aplikasi aman untuk diunduh dan digunakan di ponsel Android kamu.

APK Pure juga hadir dalam bentuk aplikasi itu sendiri untuk akses mudah mengunduh aplikasi apa pun yang tersedia, seperti halnya Google Play Store.

3. Aptoide

Aptoide adalah salah satu toko APK tertua di Android. Situs ini dapat dianggap sebagai alternatif paling mirip Google Play Store berkat antarmuka dan pendekatan pengguna yang serupa. 

Situs web memberikan deskripsi terperinci tentang suatu aplikasi bersama dengan ketentuan meninjau dan memberi peringkat aplikasi.

Selain itu, pengguna dapat menemukan aplikasi yang tidak ada di Google PlayStore di Aptoide.

4. APK Downloader

APK Downloader mampu menampilkan semua aplikasi gratis yang tersedia di Google Play Store. 

Dengan desain yang menarik dan interface yang user friendly, semua aplikasi dipisahkan dengan baik berdasarkan kategori dan genre yang berbeda. 

Salah satu fitur yang menonjol dari situs ini adalah memungkinkan pengguna untuk mencari aplikasi favorit mereka melalui URL Play Store. 

Seseorang hanya perlu menyalin tautan aplikasi dari Play Store dan menempelkannya di bilah pencarian situs web dan itu akan dialihkan ke halaman pengunduhan APK. 

5. F-Droid

F-Droid juga menjadi salah satu toko APK aman yang berisi lebih dari ribuan aplikasi sumber terbuka gratis. 

F-Droid tersedia di web dan sebagai aplikasi yang semakin memudahkan penggunanya. Selain itu, mereka yang menyukai pemrograman juga dapat membuat repository sendiri di situs web.

6. APK4Fun

Situs web APK gratis yang aman selanjutnya adalah APK4Fun. Situs ini menampilkan semua aplikasi dan game populer terbaru dalam urutan kronologis bersama dengan beberapa wawasan dalam bentuk deskripsi kecil. 

Seperti situs pengunduhan APK lainnya, APK4Fun juga memeriksa keabsahan aplikasi dengan memverifikasi sertifikat SHA1. 

7. APK Monk

APKmonk adalah situs pengunduhan APK yang relatif baru. Meski demikian, keamanan APK yang berada di situs ini terjamin aman.

Pengguna dapat menemukan banyak sekali aplikasi yang dapat diunduh dan dipasang hanya dengan satu klik tombol. 

Selain itu, tidak seperti banyak situs APK, APKmonk menampilkan iklan yang sedikit sehingga nyaman untuk kamu berlama-lama di toko APK ini.

Itulah tujuh situs download APK yang aman dan gratis yang layak kamu coba.

Kontributor: Damai Lestari

BACA SELANJUTNYA

Aplikasi Kalender Jawa, Memudahkan Penanggalan