Rabu, 24 April 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 02 Maret 2023 | 12:16 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Anak perusahaan Telkomsel yang mengembangkan ekosistem digital, INDICO mulai mengembangkan digitalisasi pertanian bersama dengan Tanivest. Untuk kerja sama ini, INDICO bersama Tanivest serta Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan), Tani Makmur.

Jalinan kerja sama ini berada dalam digital contract farming. Sebagai langkah awal, INDICO dan Tanivest serta Tani Makmur membantu sekitar 50 petani beras yang berada di Wonogiri, Jawa Tengah.

Berdasarkan informasi resmi dari Telkomsel, kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian dengan memanfaatkan teknologi melalui INDICO.

Sedangkan Tanivest memberi dukungan secara strategis dengan mengembangkan agritech enabler asal Solo. Dengan kerja sama ini, keduanya sukses membantu berbagai petani yang ada di Jawa Tengah.

INDICO akan mengimplementasikan solusi pertanian berbasis teknologi di 40 hektar lahan sawah di Kecamatan Selogiri, Wonogiri. Para petani di wilayah tersebut akan mempelajari teknik pertanian modern memanfaatkan teknologi Telkomsel Internet of Things (IoT) dan digitalisasi pertanian.

Kerja sama antara INDICO dan Tanivest untuk digitalisasi pertanian. (Telkomsel)

Chief Tech & Product Officer INDICO, Luthfi K Arif menyebut bahwa kolaborasi digital ini menjadi langkah awal untuk mengembangkan ekosistem digital di sektor pertanian dengan memanfaatkan aset Telkomsel.

Melalui metode pertanian yang presisi, INDICO akan membantu petani dalam menerapkan prosedur operasional penanaman melalui revitalisasi lahan, pemanfaatan sensor IoT, dan penggunaan drone untuk penyiraman lahan.

INDICO juga akan membantu petani melalui pendampingan dari peneliti pertanian atau agronomis dan pengadaan sarana produksi pertanian. Usaha ini akan memastikan hasil panen petani dengan akses pasar.

BACA SELANJUTNYA

Startup Asal Yogyakarta Hadirkan Fitur Monitoring Kesehatan untuk Pecinta Olahraga Lari