Sabtu, 20 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 02 Maret 2023 | 20:55 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Platform yang berisi segala hal mengenai informasi perkembangan jaringan 5G bernama 5Gnow resmi meluncur. Masyarakat bisa mengakses 5gnow.id untuk mengetahui lebih dalam terkait ekosistem 5G di Indonesia.

Platform merupakan hasil kolaborasi dari Kominfo, operator seluler, perguruan tinggi, dan berbagai perusahaan teknologi.

Berbagai pihak pemangku kepentingan di bidang teknologi informasi dan komunikasi berperan besar dalam pembentukan platform.

Denny Setiawan, Direktur Penataan Sumber Daya, Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (Dirjen SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menyatakan bahwa portal 5Gnow.id akan berfungsi sebagai penghubung (hub) untuk berbagi update terbaru tentang perkembangan 5G yang sedang berlangsung di Indonesia.

Menurutnya, portal ini dirancang sebagai platform kolaboratif yang melibatkan secara aktif para pemangku kepentingan, baik lokal maupun global, sehingga dapat tetap mendapatkan informasi terbaru, sekaligus dapat memberikan umpan balik yang berharga terkait dengan inisiatif dan kebijakan 5G.

Platform 5G now. (5Gnow.id)

"Kami berharap portal ini juga mampu mendorong pengembangan aplikasi 5G yang inovatif dan selaras dengan kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” ujar dia dalam keterangan resminya, Kamis (2/3/2023).

Teguh Prasetya, Ketua Umum Asosiasi Internet of Things Indonesia (ASIOTI) melihat, perkembangan pasar 5G di Indonesia terus mengalami pertumbuhan.

Teknologi 5G memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia termasuk juga mendukung pada pengembangan IoT, AI, Big Data serta Metaverse.

“5Gnow.id mengumpulkan informasi dari regulator, ekosistem dan pelaku industri sekaligus mengajak semua pihak untuk berkontribusi dalam memberikan kabar terbaru seputar 5G dan teknologi pendukung kedepannya,” ujarnya.

5Gnow merupakan hasil kolaborasi banyak pihak. (istimewa)

Sebagai salah satu pemrakarsa hadirnya 5Gnow.id, PT Alita Praya Mitra (Alita) melihat pentingnya platform ini sebagai tempat berkumpulnya ekosistem dan menjembatani komunikasi secara interaktif dengan multi-stakeholders, terutama masyarakat dan korporasi sebagai pengguna layanan dan solusi berbasis jaringan 5G.

“Sebagai penyedia solusi dan layanan TIK, Alita juga berkomitmen untuk mendukung pengembangan teknologi 5G di Indonesia. 5G membutuhkan infrastruktur serta sistem integrator yang matang dan terpercaya," ujar Martini Soejatno, Sales & Marketing Director Alita.

Pihaknya bekerja sama untuk mempromosikan dan meningkatkan penyebaran 5G di Indonesia untuk mendukung operator seluler guna menghadirkan layanan yang berkualitas, cepat, handal serta ekonomis kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi ini serta guna mendukung solusi berbasis Internet of Things, IPV6, dan serat optik. (Suara.com/ Dythia Novianty)

BACA SELANJUTNYA

Universitas Indonesia dan Yandex Gelar Seminar AI yang Komprehensif