Jum'at, 14 Juni 2024
Cesar Uji Tawakal : Sabtu, 04 Maret 2023 | 15:47 WIB

Hitekno.com - Pemerintah Amerika Serikat sedang meninjau kebijakannya terkait ekspor produk tertentu ke Huawei, raksasa telekomunikasi China, karena menghadapi pengawasan dari Kongres di tengah kekhawatiran tentang potensi hubungan perusahaan dengan pemerintah China. Departemen Perdagangan sedang melakukan "tinjauan dari atas ke bawah" terhadap kebijakan kontrol ekspornya yang terkait dengan China, termasuk kebijakan yang mengizinkan beberapa ekspor AS ke Huawei.

Dilansir dari Gizmochina, Huawei ditempatkan di Daftar Entitas Departemen Perdagangan pada tahun 2019, yang melarang perusahaan AS memperdagangkan barang-barang tertentu dengan entitas yang disebutkan dalam daftar kecuali mereka mendapatkan lisensi untuk melakukannya. Langkah itu dilakukan karena kekhawatiran bahwa peralatan jaringan nirkabel 5G Huawei dapat digunakan oleh pemerintah China untuk spionase. Huawei telah membantah tuduhan tersebut, dan pendirinya mengatakan bahwa perusahaan akan menolak setiap upaya pemerintah China untuk mendapatkan datanya.

Namun, menurut ketua Komite Urusan Luar Negeri Michael McCaul, Departemen Perdagangan menyetujui lebih dari $23 miliar dalam aplikasi lisensi untuk berdagang dengan perusahaan yang berafiliasi dengan China dalam Daftar Entitas antara Januari dan Maret 2022. McCaul mempertanyakan keputusan departemen untuk menyetujui lisensi ini sementara pemerintah AS berusaha menyingkirkan Huawei dan perusahaan serupa lainnya.

Alan Estevez, seorang pejabat Departemen Perdagangan, bersaksi di hadapan Komite Urusan Luar Negeri DPR, mengatakan bahwa aturan lisensi untuk Huawei "sedang dalam penilaian." Estevez menambahkan bahwa pembatasan Daftar Entitas tidak memberikan "embargo menyeluruh" pada ekspor melainkan mencerminkan aturan khusus tentang ekspor tertentu.

Pada tahun 2020, Departemen Perdagangan juga bergerak untuk mencegah pemasok Huawei menjual chip semikonduktor perusahaan yang dibuat oleh perangkat lunak dan peralatan buatan AS, kecuali pemasok tersebut juga memperoleh lisensi. Selain itu, Komisi Komunikasi Federal telah melarang operator nirkabel AS menggunakan dana federal untuk membeli peralatan jaringan Huawei dan melarang persetujuan peralatan Huawei di masa depan untuk dijual di Amerika Serikat.

 

BACA SELANJUTNYA

Apa yang Bisa Dilakukan AI pada Samsung Galaxy S24 Series