Sabtu, 20 April 2024
Amelia Prisilia : Jum'at, 10 Maret 2023 | 12:50 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Ancaman video CCTV Bjorka yang membuat HP error membuat geger publik baru-baru ini. Setelah ditelusuri, berdasarkan informasi yang beredar, video CCTV tersebut rupanya juga disebut sebagai video Virtex.

Sebelumnya, sejumlah pengguna mengeluh terkait HP miliknya yang mendadak error ketika menerima video yang awalnya disebut sebagai video CCTV Bjorka ini.

Video yang memperlihatkan CCTV di sebuah cafe ini beredar di WhatsApp. Pengguna yang penasaran dan menyaksikan video tersebut sampai akhir mengaku mengalami HP rusak sehingga tidak difungsikan seperti biasa.

"Bjorka kirim video CCTV, katanya abis ditonton, HP orang-orang langsung nge-lag" tulis salah satu netizen.

Penyebab HP error karena video Virtex

Video CCTV Bjorka bikin HP rusak. (twitter/Suddi14539851)

Membuat resah publik, akhirnya penyebab video CCTV Bjorka yang membuat HP error ini lalu terungkap. Berdasarkan keterangan resmi dari pakar keamanan siber Vaksin.com, Alfons Tanujaya, video yang beredar ini disebut juga sebagai video Virtex.

Alfons Tanujaya meyakini bahwa video yang beredar tersebut bukanlah virus. Dalam dunia IT, Virtex atau yang dikenal sebagai virus text merupakan coding yang dirancang secara khusus untuk membuat aplikasi WhatsApp menjadi rusak dan tidak bisa berfungsi.

Dirinya membantah bahwa video Virtex adalah sebuah virus. Alfons Tanujaya menilai bahwa yang beredar di WhatsApp hanyalah video biasa yang hanya saja bisa membuat perangkat yang digunakan menjadi tidak berfungsi seperti biasa.

Virtex yang menjadi penyebab HP error ini biasanya tidak hanya ada pada video. Namun juga bisa ditemukan di emoji, gambar, teks berbahasa Arab hingga shareloc di aplikasi WhatsApp.

Membuat pengguna kesal, itu tadi penyebab HP error karena video Virtex. Sebagai bentuk penanganan, ada baiknya untuk menghindar dan tidak menonton video tersebut hingga selesai ya.

BACA SELANJUTNYA

Cara Atasi HP Error Saat Terima Video Virtex, Mudah dan Cepat!