Sabtu, 25 Mei 2024
Amelia Prisilia : Jum'at, 10 Maret 2023 | 15:03 WIB

Hitekno.com - Beberapa netizen menyampaikan keluhan terkait video Virtex yang beredar di WhatsApp. Efek dari kehadiran video ini membuat HP pengguna mendadak error dan tidak bisa digunakan. Mudah dan cepat, berikut cara atasi HP error saat terima video Virtex.

Video Virtex yang mengancam pengguna HP ini beredar pertama kali melalui WhatsApp. Berdasarkan rekaman tersebut, video CCTV ini menunjukan rekaman di sebuah cafe.

Sayangnya, pengguna justru mengeluh terkait HP yang mendadak error ketika menonton video CCTV tersebut hingga selesai. Karena video ini, pengguna mengaku HP miliknya tidak bisa difugnsikan seperti biasanya.

Menurut pakar keamanan siber Vaksin.com, Alfons Tanujaya, penyebab video CCTV ini diduga adalah video Virtex. Dirinya membantah bahwa video yang beredar di WhatsApp ini bukanlah virus.

Virtex atau juga yang dikenal sebagai virus text adalah coding yang dirancang secara khusus untuk membuat aplikasi WhatsApp menjadi rusak dan tidak berfungsi.

Ilustrasi WhatsApp. (pixabay/itechirvan)

Lebih lanjut, Virtex yang menjadi penyebab HP error ini biasanya tidak hanya ada pada video. Namun juga bisa ditemukan di emoji, gambar, teks berbahasa Arab hingga shareloc di aplikasi WhatsApp.

Cara atasi HP error saat terima video Virtex

Menangani keluhan ini, ada cara atasi HP error saat terima video Virtex yang bisa kamu coba. Langkah pertama adalah melakukan restart ulang pada perangkat yang menerima video WhatsApp tersebut.

Langkah lain untuk cara atasi HP error saat terima video Virtex ini adalah dengan menghapus pesan di WhatsApp tersebut. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan blokir ke nomor yang mengirim pesan berisi video Virtex.

Belum ada penjelasan pasti mengenai kemunculan video Virtex yang membuat HP rusak ini. Jika mengalami kendala yang serupa, itu tadi cara atasi HP error saat terima video Virtex yang bisa kamu coba.

BACA SELANJUTNYA

Voice Chat Hadir untuk WhatsApp Grup