Rabu, 29 Mei 2024
Cesar Uji Tawakal : Selasa, 14 Maret 2023 | 17:28 WIB

Hitekno.com - WordCamp Asia 2023 diadakan di Bangkok, Thailand, 17-19 Februari 2023 lalu. Niagahoster dan Hostinger sebagai perusahaan penyedia layanan web hosting yang berkomitmen untuk terus mendampingi para pengguna dan komunitas WordPress di Indonesia dan seluruh dunia pun turut hadir dalam acara tersebut, dengan Hostinger berpartisipasi sebagai salah satu sponsor.

Dihadiri oleh 1.299 peserta yang datang secara langsung dari seluruh dunia, serta lebih dari 3.000 orang yang menonton live streaming, WordCamp Asia merupakan event yang tidak hanya menjadi wadah para WordPress enthusiasts untuk saling berdiskusi dan mengikuti workshop dari para pembicara, namun juga membuka kesempatan besar bagi mereka untuk saling berkolaborasi dan bergabung dalam komunitas WordPress.

Kegiatan WordCamp Asia 2023 terbagi menjadi dua event, yaitu Contributor’s Day di hari pertama, dan Conference Day di dua hari selanjutnya. Conference Day meliputi lebih dari 50 pembicara yang menyampaikan materi sesuai bidang mereka masing-masing. Topik yang disampaikan amat beragam, dari memulai blog, marketing, penulisan, desain, karir, keamanan website, dan penjelasan bagaimana kita bisa memaksimalkan WordPress untuk berbagai bidang, hingga kesehatan mental.

Salah satu pembicara dalam WordCamp Asia 2023 adalah Shilpa Shah, Co-Founder Hummingbird Web Solutions, yang memaparkan materi mengenai memulai blog berbasis WordPress di 6 bulan pertama. Ia mengatakan, 6 bulan pertama memulai blog bisa sangat menyenangkan namun juga membuat frustasi. Dalam materinya, Shilpa menjelaskan bagaimana merencanakan dan mengeksekusi masa-masa kritikal di 6 bulan pertama yang sering menjadi momen ketika blogger menyerah.

Ajang yang Ditunggu-Tunggu WordPress Enthusiasts

A Sofalul Khazari, Community Relations Specialist Niagahoster, mengatakan, WordCamp Asia 2023 menjadi WordCamp yang paling ditunggu-tunggu oleh para pengguna WordPress di seluruh dunia. Terutama setelah ditunda pelaksanaannya karena pandemi.

“Sebelum WordCamp Asia 2023, saya masuk dalam tim organizer WordCamp Indonesia yang diadakan di Gresik pada 2022 lalu, dengan Niagahoster yang bertindak sebagai sponsornya. Dan di event WordCamp Asia ini, saya bisa menambah relasi baru dengan para WordPress enthusiasts dari berbagai negara dan latar belakang yang berbeda, dan mendapatkan pengetahuan baru pada sesi Conference Day,” ujar pria yang akrab disapa Sofal tersebut.

Content Writer Hostinger, Nadia Maya Ardiani, yang juga bergabung sebagai kontributor Polyglots Team di program Five for the Future WordPress, mengatakan, salah satu hal yang paling membuat WordCamp menarik adalah kesempatan untuk bertemu dan bertukar pikiran dengan sesama peminat dan penggiat WordPress.

“Belum lagi karena kali ini saya terlibat sebagai volunteer acara, tepatnya di AV team, sebagai interviewer. Saya bertugas mewawancarai berbagai figur relevan di komunitas WordPress, seperti founder plugin WordPress, team rep salah satu tim kontributor, lead organizer, aktivis WordPress dari berbagai negara, dan penerima beasiswa WordPress. Wawancara-wawancara tersebut nantinya dapat ditonton di WordPress.tv,” katanya.

Komitmen Niagahoster pada Komunitas WordPress

Niagahoster menjadi kontingen dengan jumlah paling besar dari Indonesia di WordCamp Asia 2023. Denny Abditama Putra, VP Marketing Niagahoster, mengatakan, Niagahoster hadir di WordCamp Asia 2023 sebagai sponsor, sebagai tim dan menjadikan WordCamp Asia ini ajang untuk bertemu dengan member tim Niagahoster dan Hostinger yang selama ini bekerja secara remote dari seluruh dunia, dan secara personal setiap individunya ingin berkontribusi di komunitas WordPress.

“Daya tarik WordCamp bukan hanya event yang diselenggarakan, tapi juga yang terjadi di luar event. Kita bisa bertemu dengan banyak orang baru dan menambah jejaring, dan pastinya bertemu dengan para pengguna produk Niagahoster. Apresiasi dan masukan luar biasa dari mereka tentunya sangat penting dan menambah semangat kami,” ujar pria yang akrab disapa Abdi tersebut.

Tidak hanya itu, tim Niagahoster juga banyak melakukan diskusi dengan peserta lain yang berasal dari Indonesia. Mereka tidak hanya peserta, namun juga kontributor, volunteer, dan organizer di komunitas WordPress. “Diskusi-diskusinya sangat solid dan banyak sharing juga apa yang dirasakan dan diinginkan untuk WordCamp Indonesia. Hal-hal itu membuka ide diskusi dan kemungkinan project-project yang bisa dijalankan bersama. Tentunya Niagahoster siap untuk support,” lanjutnya.

Pengguna WordPress di Indonesia sudah mendominasi pasar. Di Niagahoster, WordPress juga mendominasi dan digunakan oleh 90 persen klien. Sebagai perusahaan web hosting provider, tentunya Niagahoster berusaha terus memberikan service terbaik yang dibutuhkan oleh para pengguna WordPress. Dan untuk memahami kebutuhan mereka secara lebih mendalam serta terus mengimprove layanan, kontribusi ke komunitas WordPress pun harus dilakukan.

BACA SELANJUTNYA

Niagahoster: Pentingnya Memperhatikan Keamanan Digital