Jum'at, 10 Mei 2024
Amelia Prisilia : Kamis, 16 Maret 2023 | 13:41 WIB

Hitekno.com - Kabar yang beredar belum lama ini menyebut istri Ferdy Sambo selaku terdakwa pembunuhan Brigadir J, Putri Candrawathi meninggal dunia dan mengakhiri hidupnya di penjara. Kabar ini juga menyebut bahwa Putri Candrawathi meninggalkan surat wasiat.

Informasi tersebut santer dibagikan melalui video dengan thumbnail yang memperlihatkan gambar duka dan peti mati dengan foto Putri di atasnya, seolah istri Sambo benar-benar meninggal dunia. Video tersebut diunggah oleh kanal YouTube bernama 'Berita Seleb' pada 12 Maret 2023.

Begini narasi yang dituliskan dalam unggahan tersebut.

"INALILLAHI, Putri Candrawati Mengakhiri Hidupnya Sendiri di Penjara. Inilah Wasiat Terakhirnya," tulis judul unggahan.

"INALILLAHI. PUTRI CANDRAWATI MENGAKHIRI HIDUPNYA DI PERNJARA. INILAH WASIAT TERAKHIRNYA SEBELUM MENINGGAL," tulis keterangan thumbnail video.

Berdasarkan kabar yang menggegerkan publik ini, apakah surat wasiat Putri Candrawathi sebelum meninggal ini adalah fakta atau hanyalah hoaks?

CEK FAKTA: Wasiat Terakhir Putri Candrawathi Sebelum Meninggal di Penjara, Benarkah? (Turnbachoax.id)

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, klaim soal Putri Candrawathi mengakhiri hidup di penjara dan meninggalkan wasiat terakhir adalah salah. Faktanya, isi video berdurasikan 3 menit 23 detik itu tak ada kaitannya dengan klaim yang dicantumkan.

Narator video membacakan ulang artikel liputan6.com berjudul “Ferdy Sambo Divonis Mati, Kompolnas: Jadi Efek Jera”. Video sendiri menampilkan cuplikan dari beberapa foto duka yang seolah-olah membenarkan bahwa Putri Candrawathi meninggal dunia. Akan tetapi, hingga akhir video tak ada pemeberitaan yang menginformasikan yang ditulis pada judul maupun thumbnail video.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, maka kabar Putri Candrawathi tinggalkan wasiat terakhir sebelum mengakhiri hidup di penjara adalah keliru. Berdasarkan hal ini, maka kabar mengenai surat wasiat Putri Candrawathi sebelum meninggal ini adalah hoaks.

BACA SELANJUTNYA

CEK FAKTA: Bikin Banyak Orang Kegocek, Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Nokia Minima 2100