Sabtu, 27 April 2024
Rezza Dwi Rachmanta : Kamis, 16 Maret 2023 | 14:01 WIB

Aktifkan Notifikasimu

Jadilah yang pertama menerima update berita penting dan informasi menarik lainnya.

Hitekno.com - Pengguna media sosial ramai menyoroti kasus guru honorer yang dipecat usai komentarnya di-pin oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. Berikut terdapat beberapa langkah terkait cara pin komentar di IG (Instagram).

Sebagai informasi, salah satu postingan Instagram milik Ridwan Kamil ramai dikunjungi netizen. Mereka mencari dan menyoroti lontaran kritik yang di-pin oleh Ridwan Kamil.

Netizen ramai menaruh perhatian terhadap seorang guru SMK Telkom Sekar Kemuning Kota Cirebon, Jawa Barat, Muhammad Sabil Fadhilah dipecat usai mengkritik Ridwan Kamil.

Postingan Instagram milik Ridwan Kamil menampilkan momen saat Gubernur Jabar berbicara dengan siswa SMP di Tasikmalaya secara online.

Ridwan Kamil mengenakan jas kuning yang warnanya dianggap identik dengan salah satu partai.

Ridwan Kamil nge-pin komentar guru honorer. (Instagram via Twitter PolJokesID)

"Dalam Zoom ini, maneh teh keur jadi Gubernur Jabar atau kader partai, atau pribadi @ridwankamil? (Dalam Zoom ini, kamu tuh jadi Gubernur Jabar atau kader partai atau pribadi?)," tanya akun @sabilfadhillah.

"Ceuk maneh kumaha? (Menurut kamu gimana?)" jawab Ridwan Kamil. Tak berselang lama setelah komentar di-pin, muncul kabar bahwa guru honorer ini telah dipecat.

Ridwan Kamil mengklaim kalau dirinya sudah memerintahkan pihak sekolah untuk mengingatkan Sabil saja.

"Menurut saya cukup diingatkan saja, tidak sampai diberhentikan. Seolah-oleh karena mengkritik saya jadi diberhentikan. Terus saya-nya dianggap anti kritik. Saya kira enggak begitu" kata Ridwan Kamil.

Cara Pin Komentar di IG

Cara pin komentar di IG. (HiTekno)

 

Instagram telah menyediakan fitur pin komentar Instagram sejak tiga tahun yang lalu.

Fitur ini memungkinkan agar pemilik postingan dapat memantau serta mengontrol pembahasan di Instagram.

Pin memungkinkan komentar tersemat di bagian atas dan dibaca oleh lebih banyak follower. Berikut cara Pin komentar di IG:

  • Buka Instagram, klik gambar profil di bagian pojok kanan bawah
  • Pilih postingan yang ingin dilihat komentarnya
  • Klik "Lihat semua komentar"
  • Ketuk dan tahan salah satu komentar hingga akhirnya muncul toolbar di bagian atas. Klik ikon pin.

Kehebohan Atas Kasus Pemecatan Guru Honorer

Kabar mengenai pemecatan guru honorer setelah komentarnya di-pin Ridwan Kamil ramai dibahas pada beberapa thread di Twitter.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil membantah kalau dirinya dianggap sebagai orang yang anti kritik.

"Saya tidak anti kritik, saya terbuka, sudah ribuan kritik masuk. Seorang pemimpin tidak boleh anti kritik, makanya saya tidak mengeluarkan statement yang anti kritik," kata Ridwan Kamil di Bandung, Kamis (16/3/2023), dikutip dari Suara.com.

Ridwan Kamil lantas menjelaskan cara dirinya menjawab berbagai komentar masyarakat di akun media sosialnya. Kalau misalkan ada kekeliruan, maka dirinya akan menjawab dengan data.

Semisal ada yang mengomentari dengan candaan, maka Ridwan Kamil juga akan membalasnya dengan candaan.

"Kalau keliru saya jawab dengan data. Kalau bercanda saya jawab dengan bercanda. Bahwa ada pihak sekolah yang merespons berbeda, itu jadi momentum peraturan mereka," pungkas Ridwan Kamil.

Itulah tadi kabar viral mengenai pemecatan guru honorer dan cara pin komentar di IG bagi yang penasaran mengikuti isu ini.

BACA SELANJUTNYA

Instagram Kini Perkenankan Penggunanya untuk Unduh Video Reels