Kamis, 30 Mei 2024
Dany Garjito : Kamis, 16 Maret 2023 | 17:11 WIB

Hitekno.com - BUMN menggelar mudik gratis Ramadhan 2023, simak cara dan syaratnya di sini.

Menjelang Ramadhan 2023 banyak penawaran berupa mudik gratis.

Salah satu yang menyelenggarakan mudik gratis tahun ini adalah BUMN.

Menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran, program mudik gratis dari pemerintah kembali diusung oleh Kementerian BUMN untuk rencana mudik masyarakat pada tahun 2023 ini. Kali ini, PT Jasa Raharja menjadi penyelenggara utama dalam program mudik gratis tahun 2023.

Antusiasme masyarakat menyambut program ini pun sudah terlihat sejak beberapa waktu lalu. Ribuan warganet pun memenuhi kolom komentar di instagram @kementerianbumn untuk mengetahui syarat-syarat yang diperlukan agar dapat mengikuti program ini.

Melalui akun instagram @pt_jasaraharja, Kementerian BUMN menjelaskan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon pemudik untuk menjadi peserta mudik gratis BUMN 2023 ini. Adapun beberapa syarat mudik gratis BUMN 2023 adalah sebagai berikut:

  1. Setiap peserta wajib untuk mempunyai akun JRku yang dapat didaftarkan langsung di website mudik.jasaraharja.co.id 
  2. Calon peserta wajib memiliki sepeda motor dengan surat-surat lengkap seperti SIM C dan STNK.
  3. Setiap sepeda motor wajib membayar pajak atau pajaknya masih berlaku.
  4. Setiap pendaftar yang mendaftarkan orang lain sebagai peserta harus dalam 1 keluarga dibuktikan dengan kartu keluarga.

Jika semua syarat sudah terpenuhi, maka calon peserta dapat langsung mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Lakukan pencarian tiket transportasi serta destinasi yang dibutuhkan sesuai dengan ketersediaan kursi dari moda transportasi yang digunakan melalui akun JRku yang sudah didaftarkan sebelumnya,
  2. Jika tiket yang diinginkan sudah tersedia, segera isi data diri secara lengkap dan benar agar calon peserta dapat segera terdaftar sebagai peserta resmi mudik gratis BUMN 2023,
  3. Jika calon peserta lolos verifikasi, maka sistem secara otomatis akan menerbitkan tiket elektronik sebagai bukti bahwa pendaftar telah resmi menjadi peserta mudik gratis BUMN 2023,
  4. Simpan tiket elektronik hingga hari H keberangkatan. Jangan lupa untuk menunjukkan identitas ke petugas sebelum keberangkatan.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah mengumumkan bahwa pemerintah telah menyiapkan kuota mudik gratis bersama BUMN 2023 untuk 65.603 pemudik dari seliruh Indonesia baik menggunakan bus, kereta api, dan kapal laut.

"Hal ini juga akan mengurangi kemacetan dan risiko kecelakaan para pemudik di jalan raya," ungkap Menteri BUMN Erick Thohir.

Program ini pun didukung oleh 24 BUMN lainnya sebagai perusahaan pendukung jalannya program mudik gratis Ramadhan 2023 ini.

Pendaftaran mudik gratis ini sudah dibuka sejak hari Rabu 15 Maret 2023 mulai pukul 13.00 WIB.

Itulah info mudik gratis Ramadhan 2023, siap mudik? (Suara.com)

BACA SELANJUTNYA

Donasi Gold Voucher Tercapai, Free Fire dan Jutaan Survivors Salurkan Rp 100 Juta ke Panti Sosial